RPP Kimia Teknologi dan Rekayasa Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Kimia Teknologi dan Rekayasa Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK N/S
Mata Pelajaran : Kimia
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Materi Pokok : Materi dan Perubahannya
Kelas / Semester : X/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 9 JP ( 3 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komuniksasi Digital, dan Dasar Bidang Teknologi dan Rekayasa pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI 4: Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komuniksasi Digital, dan Dasar Bidang Teknologi dan Rekayasa.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Download juga RPP IPA Terapan Kelas 10 SMK K13 Revisi 2017B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.1. Menganalisis perubahan materi dan pemisahan campuran dengan berbagai cara
4.1 Melakukan pemisahan campuran melalui praktikum berdasarkan sifat fisika dan sifat kimianya
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1 1. Menjelaskan Materi dan Perubahan Materi
3.1 2. Memahami Klasifikasi Materi
3.1 3. Mengidentifikasi Klasifikasi Materi
3.1 4. Mengidentifikasi Perubahan Materi
3.1 5. Menganalisa perubahan materi dan pemisahan campuran dengan berbagai cara
4.1.1 Melakukan pemisahan campuran melalui praktikum berdasarkan sifat fisika dan sifat kimianya
4.1.2 Menyajikan hasil pemisahan campuran melalui praktikum berdasarkan sifat fisika dan sifat kimianya
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan dapat Menjelaskan Materi dan Perubahan Materi, Memahami Klasifikasi Materi, Mengidentifikasi sifat Materi, Mengidentifikasi Perubahan Materi , Menganalisa perubahan materi dan pemisahan campuran dengan berbagai cara serta mampu Melakukan pemisahan campuran melalui praktikum berdasarkan sifat fisika dan sifat kimianya dan Menyajikan hasil pemisahan campuran melalui praktikum berdasarkan sifat fisika dan sifat kimianya dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
Download juga RPP Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas 11 SMK K13 Revisi 2017D. Materi Pembelajaran
Materi dan Perubahannya
Materi yang terdapat di bumi ini sangat beranekaragam dan tak terhitung jumlahnya. Mulai dari zat tunggal yang terdiri dari unsur dan senyawa, sampai dengan campuran yang merupakan kumpulan berbagai macam zat. Untuk memudahkan mempelajari materi tersebut dibuatlah penggolongan materi sebagai berikut. Materi adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan memiliki massa
1. Sifat Materi
a. Berdasarkan jumlah materi, sifatnya dapat dibedakan menjadi 2 yaitu:
• Sifat Ekstensif adalah sifat yang bergantung pada jumlah materi, contohnya massa dan volume.
• Sifat Intensif adalah sifat yang tidak bergantung pada jumlah materi, contohnya daya hantar listrik.
b. Berdasarkan perubahan yang terjadi pada materi, sifatnya dapat dibedakan menjadi 2 yaitu:
• Sifat Fisis adalah sifat yang dapat diamati tanpa harus mengubah susunan materi. Contohnya adalah titik didih dan titik beku.
• Sifat Kimia adalah sifat yang dapat diamati akibat perubahan suatu materi menjadi materi lain. Contohnya adalah sifat karat besi.
2. Perubahan Materi
a. Perubahan Fisika atau Fisis
• Perubahan fisika adalah perubahan yang merubah suatu zat dalam hal bentuk, wujud atau ukuran, tetapi tidak merubah zat tersebut menjadi zat baru. Contoh: es mencair, air menguap, kapur barus menyublim, gula melarut, dan pembuatan garam dari air laut.
b. Perubahan Kimia
• Perubahan kimia adalah perubahan materi yang menghasilkan zat baru. Perubahan kimia dapat diketahui dengan 4 ciri, yaitu terjadi perubahan suhu, perubahan warna, pengendapan, dan pembentukan gas. Contoh: pembusukan, pembakaran, perkaratan, fermentasi, pelapukan, fotosintesis.
Download juga RPP Dasar Listrik dan ELektronika Kelas 11 SMK K13 Revisi 2017E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan
F. Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar
1. Bahan Ajar Kimia Kurikulum 2013
2. Internet
3. Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
Download juga RPP Administrasi Transkasi Kelas 11 SMK K13 Revisi 2017I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir
Download juga RPP Seni Budaya Kelas 10 SMK K13 Revisi 20173. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial
- Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal)
- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
- Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.
Download juga RPP Komunikasi Bisnis Kelas 10 SMK K13 Revisi 2017Untuk mendapatkan RPP Kimia Teknologi dan Rekayasa Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 untuk tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan download filenya di bawah ini, Atau bisa juga dengan mengklik halaman disini.
Belum ada Komentar untuk "RPP Kimia Teknologi dan Rekayasa Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017"
Posting Komentar