RPP Front Office Kelas 11 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017

http://rpprevisi2018.blogspot.com
RPP Front Office Kelas 11 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP SMK K13 Revisi 2017 - RPP Front Office Kelas 11 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Pariwisata Program Keahlian Perhotelan & Jasa Pariwisata Kompetensi Keahlian Perhotelan (C3) untuk tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS).

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : SMK N/S
Mata Pelajaran : Front Office
Bidang Keahlian : Pariwisata
Kelas / Semester : XI/Ganjil
Materi Pokok : Menjawab Telepon masuk
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 25 JP ( 5 Pertemuan)

A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

Memahami, menerapkan,menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual,konseptual, operasional dasar,dan metakognitif sesuai denganbidang dan lingkup kerja Perhotelan pada tingkat teknis,spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni,budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional,dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat,informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Akomodasi Perhotelan . Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Download juga RPP Seni Budaya Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)

3.1. Mengelola telepon masuk
4.1 Menjawab telepon masuk

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1 1. Menjelaskan urgensi komunikasi Telepon
3.1 2. Menjelaskan alasan penggunaan telepon
3.1 3. Menjelaskan komponen Telepon atau switchboard
3.1 4. Menjelaskan tugas dan tanggung jawab Telepon operator
3.1 5. Memahami tata tertib di seksi telepon operator
3.1 6. Menjelaskan siskap sopan santun bertelepon( Telepon countersy)
4.1.1 Melakukan persiapan penerimaan telepon
4.1.2 Melakukan prioritas menjawab panggilan Telepon
4.1.3 Memindahkan sambungan telepon
4.1.4 Meminta Tamu untuk Menunggu di Telepon
4.1.5 Menerima keluhan melalui telepon
4.1.6 Menangani Panggilan yang Bernada Mengancam

C. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan mampu melakukan komunikasi melalui telepon khususnya dalam menjawab telepon masuk dengan baik dan benar serta bisa mempraktekkan dalam kesehariannya dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, sertaresponsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.
Download juga RPP Otomatisasi Tata Kelola Sarana Prasarana Kelas 11 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
D. Materi Pembelajaran.
MenjawabTelepon Masuk
• Urgensi komunikasi Telepon
• Alasan penggunaan telepon
• Komponen Telepon atau switchboard
• Tugas dan tanggung jawab Telepon operator
• Tata tertib di seksi telepon operator
• Siskap sopan santun bertelepon( Telepon countersy)
• Persiapan penerimaan telepon
• Prioritas menjawab panggilan Telepon
• Memindahkan sambungan telepon
• Meminta Tamu untuk Menunggu di Telepon
• Menerima keluhan melalui telepon
• Menangani Panggilan yang Bernada Mengancam

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan

F. Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
Download juga RPP Administrasi Umum Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
G. Sumber Belajar
1. Bahan Ajar Front Office Kurikulum 2013
2. Internet
3. Sumber lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir

3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial

• Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
• Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal)
b. Pengayaan
• Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
• Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
• Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.
Download juga RPP Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas 11 SMK K13 Revisi 2017
Untuk mendapatkan RPP Front Office Kelas 11 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Pariwisata Program Keahlian Perhotelan & Jasa Pariwisata Kompetensi Keahlian Perhotelan (C3) silahkan download filenya di bawah ini. Atau bisa juga dengan mengunjungi halaman disini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel