RPP Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017

https://rpprevisi2018.blogspot.com
RPP Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP K13 Revisi 2018 - RPP Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 untuk Tahun Pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS).

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Kelas / Semester : X/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Materi Pokok : Nilai-Nilai Yajña Dalam Rāmāyana
Alokasi Waktu : 15 JP (5 pertemuan)

Download juga RPP Sejarah Indonesia Kelas XI SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro- aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)

1.1 Menghayati nilai-nilai Yajňa yang terkandung dalam kitab Ramayana
2.1 Menghayati sikap bertanggungjawab terhadap nilai-nilai Yajňa yang terkandung dalam kitab Ramayana
3.1 Mempraktekkan pelaksanaan Yajňa menurut kitab Ramayana dalam kehidupan
4.1 Mempraktekkan pelaksanaan Yajňa menurut kitab Ramayana dalam kehidupan

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.1.1 Membiasakan mengucapkan salam agama Hindu
1.1.2 Membiasakan mengucapkan dainika upasana (doa sehari – hari)
1.1.3 Menghayati nilai-nilai Yajňa yang terkandung dalam kitab Ramayana
2.1.1 Menghayati sikap bertanggungjawab terhadap nilai-nilai Yajňa yang terkandung dalam kitab Ramayana
3.1.1 Menjelaskan Pengertian Yajna
3.1.2 Menyebutkan Pembagian Yajna
3.1.3 Menunjukkan Bentuk-Bentuk Pelaksanaan Yajna dalam Kehidupan SehariHari
4.1.1 Membuat Ringkasan Cerita Ramayana
4.1.2 Mempraktikkan nilai-nilai yajna dalam cerita Ramayana
Download juga RPP PPKN Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning dengan pendekatan saintifik, peserta didik diharapkan dapat Menjelaskan Pengertian Yajna, Menyebutkan Pembagian Yajna, Menunjukkan Bentuk-Bentuk Pelaksanaan Yajna dalam Kehidupan Sehari-Hari, Membuat Ringkasan Cerita Ramayana serta Mempraktikkan nilai-nilai yajna, dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.

D. Materi Pembelajaran
Nilai-Nilai Yajña Dalam Rāmāyana
• Pengertian Yajña
• Pembagian Yajña
• Bentuk-bentuk pelaksanaan Yajña dalam kehidupan
- Nityᾱ Yajña, yaitu Yajña yang dilaksanakan setiap hari seperti halnya:
Tri Sandhya.
Yajña Śeṣa/masaiban/ngejot.
Jñāna Yajña.
- Naimittika Yajña
- Insidenta
• Ringkasan cerita Rāmāyana
• Nilai-nilai Yajña dalam cerita Rāmāyana
- Dewa Yajña
- Pitra Yajña
- Manusa Yajña
- Ṛsī Yajña
- Bhuta Yajña

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode Pembelajaran : ATM ( Amati, Tiru dan Modifikasi) Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab, Penugasan
Download juga RPP Matematika Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. LKS
2. White board
3. Spidol
4. Media LCD projector
5. Laptop
6. Bahan Tayang ( Slide power point)

G. Sumber Belajar
1. Kitab Sarasamuscaya
2. Kitab Bhagavad Gita
3. Kitab Ramayana
4. Film Ramayana
5. Buku Pegangan Guru Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Guru Kelas 10 SMA
6. Buku Pegangan Siswa Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Guru Kelas 10 SMA
7. Internet
8. Sumber lain yang relevan

H. Kegiatan Pembelajaran
  • Kegiatan Pendahuluan
  • Kegiatan Inti
  • Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir

3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial

• Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
• Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal)
b. Pengayaan
• Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
• Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
• Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.
Download juga RPP Matematika Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017
Untuk mendapatkan RPP Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 untuk Tahun Pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan download filenya di bawah ini. untuk mendapatkan versi lengkapnya silahkan Klik Disini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel