RPP IPA Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP IPA Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
RPP SMK Revisi 2017 - RPP IPA Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Program Keahlian Bisnis dan Pemasaran Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK N/S
Mata Pelajaran : IPA
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Kelas / Semester : X/Ganjil
Materi Pokok : Gejala Alam Biotik dan abiotik
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 6 JP (3 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Bisnis dan Manajemen pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga
KI 4: Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja
yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan
Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Bisnis dan Manajemen.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung..
Download juga RPP Komputer Akuntansi Kelas 12 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Memahami gejala alam biotik dan abiotik
4.1 Mengklasifikasikan gejala alam biotik dan abiotik
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1 1. Mendeskripsik Gejala Alam Biotik dan abiotik an
3.1 2. Menjelaskan Gejala Alam Biotik dan abiotik
3.1 3. Menjelaskan manfaat Gejala Alam Biotik dan abiotik
4.1.1 Menjelaskan manfaat dan dasar klasifikasi makhluk hidup.
4.1.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup di lingkungan sekitar berdasarkan ciri tertentu.
4.1.3 Menjelaskan sistem-sistem klasifikasi makhluk hidup.
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning dan pendekatan saintifik peserta didik diharapkan mampu Menjelaskan gejala alam biotik dan abiotik, Menganalisis gejala alam biotik dan abiotik dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
D. Materi Pembelajaran
Gejala Alam Biotik dan abiotik
• Keanekaraga-man makhluk hidup
a. Pengertian keanekaragaman mahluk hidup\
keanekaragaman mahluk hidup dikenal juga dengan keanekaragaman hayati (biodiversitas) yang dapat diartikan sebagai perbedaan yang terdapat pada mahluk hidup sesuai dengan spesies, jenis, atau ekosistemnya.
b. Penyebab terjadinya keanekaragaman mahluk hidup
Faktor yang mempengaruhi terjadinya keanekaragaman mahluk hidup ada dua macam yaitu faktor genetic dan faktor lingkungan. Faktor genetic merupakan penuruanan sifat induk kepada anaknya. Sementara faktor lingkungan adalah faktor yang muncul dari lingkungan fisik, kimia, dan abiotik seperti suhu, cahaya, makanan, mineral, air, dll.
c. Tingkat keanekaragaman mahluk hidup
• Keanekaragaman gen
• Keanekaragaman jenis
• Keanekaragaman ekosistem
• Klasifikasi makhluk hidup
• Struktur bumi dan komponennya (air, tanah, dan batuan)
Lapisan-lapisan bumi terdiri atas:
• Inti bumi dalam: terdiri dari besi dan nikel berbentuk bola padat
• Inti bumi luar: terdiri dari besi dan nikel berbentuk cair, serta oksigen
• Mantel/selimut bumi: terdiri dari magma kental dengan suhu 1.400 – 2.500 OC
• Kerak bumi: dibagi atas dua bagian tanah dan batuan
Download juga RPP Gambar Teknik Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : ATM (Amati, Tiru, Modifikasi), Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab,
Penugasan
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
7. mistar milimeter,jangka sorong,mikrometer,timbangan/neraca lengan/ Neraca pegas,
8. Stopwatch
G. Sumber Belajar
1. Direktorat Pembinaan SMK Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk SMK/MAK Tahun 2017
2. Internet
3. Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
Download juga RPP Fisika TKR Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir
3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial
- Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
- Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas
Gomana cara downloadnya?
BalasHapusbetul gak bisa di download
BalasHapus