RPP Fisika Teknologi Dan Rekayasa (TKR) Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Fisika Teknologi Dan Rekayasa (TKR) Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
RPP SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 - RPP Fisika Teknologi Dan Rekayasa (TKR) Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS).
Satuan Pendidikan : SMK N/S
Mata Pelajaran : Fisika
Materi : Besaran Pokok dan Besaran Turunan, Angka Penting dan Notasi Ilmiah, Alat Ukur (Jangka Sorong, Mikrometer Skrup, dll)
Kelas/Semester : X/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 6 Jam Pelajaran (2 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti (KI)
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komuniksasi Digital, dan Dasar Bidang Teknologi dan Rekayasa pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komuniksasi Digital, dan Dasar Bidang Teknologi dan Rekayasa
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
KOMPETENSI DASAR (KD)
3.1 Menerapkan prinsip-prinsip pengukuran besaran fisis, angka penting dan notasi ilmiah pada bidang teknologi dan rekayasa
4.1 Melakukan pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat serta mengikuti aturan angka penting
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
3.1.1 Membedakan besaran pokok dan besaran turunan beserta alat ukurnya
3.1.2 Menerapkan aturan angka penting dan notasi ilmiah pada data hasil pengukuran
3.1.3 Menentukan prinsip-prinsip pengukuran beberapa alat ukur
4.1.1 Mendemonstrasikan cara membaca alat ukur
4.1.2 Mempraktekkan penggunaan macam-macam alat ukur
Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning yang dipadukan dengan metode mind mapping, teknik ATM, dan pendekatan saintifik yang menuntun peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas, Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat
• Membedakan besaran pokok dan besaran turunan beserta alat ukurnya
• Menerapkan aturan angka penting dan notasi ilmiah pada data hasil pengukuran
• Menentukan prinsip-prinsip pengukuran beberapa alat ukur
dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.
1. Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
• Membedakan besaran pokok dan besaran turunan beserta alat ukurnya
• Menerapkan aturan angka penting dan notasi ilmiah pada data hasil pengukuran
2. Pertemuan Kedua
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
• Menentukan prinsip-prinsip pengukuran beberapa alat ukur
• Mendemonstrasikan cara membaca alat ukur
D. Materi Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran Reguler
a. Fakta
• Sistem satuan besaran fisika bersifat standar atau baku, yaitu bersifat tetap, berlaku universal, dan mudah digunakan setiap saat dengan tepat.
b. Konsep
• Besaran yang satuannya telah ditetapkan atau didefinisikan terlebih dahulu disebut besaran pokok, sedangkan besaran yang satuannya diturunkan dari satuan besaran sebelumnya disebut besaran turunan
c. Prinsip
• Sistem pengukuran menggunakan satuan standar, misalnya satu kilogram dan satu meter kubik.
d. Prosedur
• Untuk mengukur panjang suatu benda, alat ukur harus sesuai dengan ukuran benda.
2. Materi Pembelajaran Remedial
• Menemukan konsep besaran pokok
3. Materi Pembelajaran Pengayaan
• Menganalisis jenis-jenis alat ukur
1. Model : Discovery Learning
2. Pendekatan : Saintifik Learning
3. Metode : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab dan Penugasan
F. Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/alat:
• LCD Projector
• Speaker aktif
• Note book
• CD Pembelajaran interaktif
2. Bahan:
• Kertas karton
• Spidol
3. Sumber Belajar:
• Situs Internet
• Lingkungan Masyarakat sekitar
• Sumber belajar lain yang mendukung
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK N/S
Mata Pelajaran : Fisika
Materi : Besaran Pokok dan Besaran Turunan, Angka Penting dan Notasi Ilmiah, Alat Ukur (Jangka Sorong, Mikrometer Skrup, dll)
Kelas/Semester : X/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 6 Jam Pelajaran (2 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti (KI)
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komuniksasi Digital, dan Dasar Bidang Teknologi dan Rekayasa pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional
Download juga RPP Alat Mesin Pertanian Kelas X SMK K13 Revisi 2017KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komuniksasi Digital, dan Dasar Bidang Teknologi dan Rekayasa
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
KOMPETENSI DASAR (KD)
3.1 Menerapkan prinsip-prinsip pengukuran besaran fisis, angka penting dan notasi ilmiah pada bidang teknologi dan rekayasa
4.1 Melakukan pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat serta mengikuti aturan angka penting
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
3.1.1 Membedakan besaran pokok dan besaran turunan beserta alat ukurnya
3.1.2 Menerapkan aturan angka penting dan notasi ilmiah pada data hasil pengukuran
3.1.3 Menentukan prinsip-prinsip pengukuran beberapa alat ukur
4.1.1 Mendemonstrasikan cara membaca alat ukur
4.1.2 Mempraktekkan penggunaan macam-macam alat ukur
Download juga RPP Dasar-Dasar Budidaya Tanaman Kelas X SMK K13 Revisi 2017C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning yang dipadukan dengan metode mind mapping, teknik ATM, dan pendekatan saintifik yang menuntun peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas, Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat
• Membedakan besaran pokok dan besaran turunan beserta alat ukurnya
• Menerapkan aturan angka penting dan notasi ilmiah pada data hasil pengukuran
• Menentukan prinsip-prinsip pengukuran beberapa alat ukur
dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.
1. Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
• Membedakan besaran pokok dan besaran turunan beserta alat ukurnya
• Menerapkan aturan angka penting dan notasi ilmiah pada data hasil pengukuran
2. Pertemuan Kedua
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
• Menentukan prinsip-prinsip pengukuran beberapa alat ukur
• Mendemonstrasikan cara membaca alat ukur
D. Materi Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran Reguler
a. Fakta
• Sistem satuan besaran fisika bersifat standar atau baku, yaitu bersifat tetap, berlaku universal, dan mudah digunakan setiap saat dengan tepat.
b. Konsep
• Besaran yang satuannya telah ditetapkan atau didefinisikan terlebih dahulu disebut besaran pokok, sedangkan besaran yang satuannya diturunkan dari satuan besaran sebelumnya disebut besaran turunan
c. Prinsip
• Sistem pengukuran menggunakan satuan standar, misalnya satu kilogram dan satu meter kubik.
d. Prosedur
• Untuk mengukur panjang suatu benda, alat ukur harus sesuai dengan ukuran benda.
2. Materi Pembelajaran Remedial
• Menemukan konsep besaran pokok
3. Materi Pembelajaran Pengayaan
• Menganalisis jenis-jenis alat ukur
Download juga RPP Dasar Desain Grafis Kelas X SMK K13 Revisi 2017E. Metode Pembelajaran
1. Model : Discovery Learning
2. Pendekatan : Saintifik Learning
3. Metode : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab dan Penugasan
F. Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/alat:
• LCD Projector
• Speaker aktif
• Note book
• CD Pembelajaran interaktif
2. Bahan:
• Kertas karton
• Spidol
3. Sumber Belajar:
• Situs Internet
• Lingkungan Masyarakat sekitar
• Sumber belajar lain yang mendukung
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir
• Terlampir
3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial
- Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal)
- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
- Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.
Download juga RPP Gambar Teknik Kelas X SMK K13 Revisi 2017Untuk mendapatkan RPP Fisika Teknologi Dan Rekayasa (TKR) Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan download filenya di bawah ini. Untuk mendapatkan perangkat Pembelajaran lengkap mata pelajaran Fisika TKR Kelas 10 SMK revisi 2017 silahkan klik disini.
Belum ada Komentar untuk " RPP Fisika Teknologi Dan Rekayasa (TKR) Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017"
Posting Komentar