RPP Dasar-Dasar Budidaya Tanaman Kelas 10 SMK Revisi 2017
RPP Dasar-Dasar Budidaya Tanaman Kelas 10 SMK Revisi 2017 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK N/S
Mata Pelajaran : Dasar-dasar Budidaya Tanaman
Bidang Keahlian : Agribisnis dan Agroteknologi
Kelas / Semester : X/Ganjil
Materi Pokok : Perkembangan Agribisnis Tanaman
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 8 JP ( 2 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI 3: Memahami, menerapkan,menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual,konseptual, operasional dasar,dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Agribisnis Tanaman pada tingkat teknis,spesifik, detil, dan kompleks,berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni,budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional,dan internasional.
KI 4: Melaksanakan tugas spesifik,dengan menggunakan alat,informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang dan lingkup Agribisnis Tanaman. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,kritis, mandiri, kolaboratif,komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru,membiasakan gerak mahir,menjadikan gerak alami, dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Download juga RPP Dasar Desain Grafis Kelas 10 SMK K13 Revisi 2017B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Menganalisis agribisnis tanaman
4.1 Mengolah hasil analisis data perkembangan agribisnis tanaman
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Menjelaskan Berbagai komoditas tanaman
3.1.2 Memahami Prospek komoditas pertanian
3.1.3 Memahami Pasar komoditas tanaman
3.1.4 Menguraikan Definisi Sistem Agribisnis tanaman
3.1.5 Menjelaskan Faktor-faktor yang mempengaruhi produksi tanaman
4.1.1 Melakukan Perencanaan produksi tanaman
4.1.2 Melakukan Pemasaran produk tanaman
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan dapat Menjelaskan Berbagai komoditas tanaman, Memahami Prospek komoditas pertanian,Memahami Pasar komoditas tanaman, Menguraikan Definisi Sistem Agribisnis tanaman,Menjelaskan Faktor-faktor yang mempengaruhi produksi tanaman serta mampu Melakukan Perencanaan produksi tanaman,Melakukan Pemasaran produk tanamandengan penuh rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
• Berbagai komoditas tanaman
• Jenis dan Prospek komoditas pertanian
• Pasar komoditas tanaman
• Definisi Sistem Agribisnis tanaman
• Faktor-faktor yang mempengaruhi produksi tanaman
• Perencanaan produksi tanaman
• Pemasaran produk tanaman
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan
F. Media, Alat, dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar
1. Bahan Ajar Dasar-dasar Budidaya Tanaman Kurikulum 2013
2. Internet
3. Sumber lain yang relevan
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir
4.1 Mengolah hasil analisis data perkembangan agribisnis tanaman
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Menjelaskan Berbagai komoditas tanaman
3.1.2 Memahami Prospek komoditas pertanian
3.1.3 Memahami Pasar komoditas tanaman
3.1.4 Menguraikan Definisi Sistem Agribisnis tanaman
3.1.5 Menjelaskan Faktor-faktor yang mempengaruhi produksi tanaman
4.1.1 Melakukan Perencanaan produksi tanaman
4.1.2 Melakukan Pemasaran produk tanaman
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan dapat Menjelaskan Berbagai komoditas tanaman, Memahami Prospek komoditas pertanian,Memahami Pasar komoditas tanaman, Menguraikan Definisi Sistem Agribisnis tanaman,Menjelaskan Faktor-faktor yang mempengaruhi produksi tanaman serta mampu Melakukan Perencanaan produksi tanaman,Melakukan Pemasaran produk tanamandengan penuh rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
Download juga RPP Teknik Las Busur Manual (SMAW) Kelas 11 SMK K13 Revisi 2017D. Materi Pembelajaran
• Berbagai komoditas tanaman
• Jenis dan Prospek komoditas pertanian
• Pasar komoditas tanaman
• Definisi Sistem Agribisnis tanaman
• Faktor-faktor yang mempengaruhi produksi tanaman
• Perencanaan produksi tanaman
• Pemasaran produk tanaman
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan
F. Media, Alat, dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar
1. Bahan Ajar Dasar-dasar Budidaya Tanaman Kurikulum 2013
2. Internet
3. Sumber lain yang relevan
Download juga RPP Dasar-Dasar Budidaya Tanaman Kelas 10 SMK K13 Revisi 2017H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
a. Remedial
- Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal)
- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
- Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.
Downloa juga RPP Agribisnis Tanaman Pangan Kelas 11 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017Untuk mendapatkan RPP Dasar-Dasar Budidaya Tanaman Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Agribisnis dan Agroteknologi Program Keahlian Agribisnis Tanaman Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Perkebunan (C2) Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan unduh filenya di bawah ini, untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkap Dasar-dasar Budidaya Tanaman kelas 10 SMK revisi 2017 silahkan klik disini.
Menarik dan bermanfaat
BalasHapus