MODUL AJAR BAHASA INDONESIA KELAS 7 SMP KURIKULUM MERDEKA

MODUL AJAR BAHASA INDONESIA KELAS 7 SMP KURIKULUM MERDEKA

Modul Ajar atau perangkat ajar Bahasa Indonesia kelas 7 SMP ini merupakan perangkat ajar yang haru bapak ibu guru miliki sesuai dengan Kurikulum Paradigma Baru / Kurikulum Prototipe / Kurikulum Sekolah Penggerak / Kurikulum 2022 / Kurikulum Merdeka.

Berikut contoh Modul ajar bahasa indonesia kelas 7 SMP bab 3 Hal Yang Baik Bagi Tubuh

Nama :
Jenjang / Kelas : SMP / 7
Asal Sekolah : SMP Negeri
Mata Pelajaran : B. Indonesia
Alokasi Waktu : 160 Menit = 2 x 2 pertemuan (1 JP = 40 menit)
Jumlah Peserta Didik : maksimal 32

Profil Pelajar Pancasila :
• Mandiri, yang ditunjukkan melalui self regulator untuk mengarahkan diri dan fokus terhadap apa yang dipresentasikan serta dapat mempertanggungjawabkan semua hal yang disampaikan atau dipresentasikan.
• Kritis, yang ditunjukkan melalui respons terhadap pertanyaan atau sanggahan yang disampaikan secara sopan, terarah dan sesuai sasaran pertanyaan/sanggahan.

Moda Pembelajaran : Tatap Muka
Fase : D
Domain Mapel : Menyimak

Tujuan Pembelajaran :
7.3.9a. Peserta didik melatih kemampuannya untuk menyimak informasi dan memahami instruksi dari teks lisan dengan menjawab pertanyaan pada bacaan “Membuat Sorbet Buah Gampang dan Enak” yang diperdengarkan kepadanya dengan tepat.

Kata Kunci :
Teks prosedur, infografik, poster, kalimat ajakan, kalimat larangan, adverbia, dan inversi.

Deskripsi Umum Pembelajaran :
• Mempersiapkan pembelajaran
• Menyiapkan LK
• Kegiatan pembelajaran: awal, inti, penutup
• Refleksi
• Mengerjakan asesmen

Materi Ajar :
• Teks prosedur lisan “Membuat Sorbet Buah Gampang dan Enak”.
Penjelasan singkat:
Kegiatan ini melatih peserta didik memperhatikan dan memberikan apresiasi terhadap paparan lisan teman

Alat dan Bahan :
• LCD/video
• Komputer, jaringan internet
• Buku
• Kertas HVS
• Kertas POST it
• Majalah
• Kamus
Sarana Prasaran :
• Ruang kelas
• Perpustakaan

CAPAIAN PEMBELAJARAN :
Pada akhir fase D, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan, konteks sosial, dan akademis. Peserta didik mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi paparan tentang topik yang beragam dan karya sastra. Peserta didik mampu berpartisipasi aktif dalam diskusi, mempresentasikan, dan menanggapi informasi nonfiksi dan fiksi yang dipaparkan; Peserta didik menulis berbagai teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur, dan menuliskan tanggapannya terhadap paparan dan bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya. Peserta didik mengembangkan kompetensi diri melalui pajanan berbagai teks penguatan karakter

Konsep Utama :
Hal yang Baik bagi Tubuh

Target Peserta Didik :
Reguler

Assesmen :
Tertulis, individu dan kelompok

Keterampilan dan pengetahuan prasyarat :
• Keterampilan berbicara dan Menyajikan
Ketersediaan Materi :
• Pengayaan untuk peserta didik berpencapaian tinggi:
YA/TIDAK
• Alternatif penjelasan, metode, atau aktivitas untuk peserta didik yang sulit memahami konsep:
YA/TIDAK

Kegiatan Pembelajaran Utama / Pengaturan peserta didik :
• Individu
• Berkelompok (Lebih dari dua orang)
Pertanyaain Inti :
1. Apakah teks prosedur itu? Bagaimana contohnya dalam keseharian?
2. Apakah ciri-ciri teks prosedur?
3. Bagaimana membuat teks prosedur yang baik dan menarik?

Metode :
• Diskusi
• Latihan
• penugasan
• Presentasi
• Eksplorasi
Materi Ajar, Alat dan Bahan :
buku, majalah, video, HP, laptop, internet.

Perkiraan materi :
Materi diperlukan untuk pengadaan majalah (bila diperlukan) dan kuota internet

Persiapan Pembelajaran :
• Menyiapkan bahan ajar/materi
• Menyiapkan LK
• Menyiapkan rubric penilaian
• Menyiapkan alat penilaian
Langkah-langkah pembelajaran :
 

Pertemuan ke-1
Kegiatan awal
• Memberi salam dan melakukan hening sejenak untuk berdoa bersama
• Mengatur tempat duduk peserta didik dan mengkondisikan kelas agar proses pembelajaran berlangsung menyenangkan
• Guru memotivasi peserta didik agar tetap memiliki semangat dalam proses pembejaran.
• Guru menyampaikan tujuan yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran
• Guru mempersiapan segara peralatan yang akan digunakan dalam proses pembelajaran.
• Guru melakukan apersepsi terhadap materi sebelumnya dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada peserta didik.
 

Kegiatan Inti
• Guru memberikan penjelasan secara singkat terhadap paparan materi yang disampaikan tentang Teks prosedur lisan “Membuat Sorbet Buah Gampang dan Enak”.
• Peserta didik mengamati dan menyimak dengan baik paparan materi atau tayangan gambar/video yang disampaikan oleh guru mengenai Teks prosedur lisan “Membuat Sorbet Buah Gampang dan Enak”.
• Peserta didik di minta untuk memeriksa catatan yang selama menyimak, lalu diskusikan jawaban pertanyaan berikut ini!
1. Apa judul teks yang sudah kalian simak?
2. Menurut kalian, apakah tujuan penutur teks tersebut?
3. Apakah teks tersebut mengajak kalian melakukan sesuatu, memberikan perintah, atau melarang kalian untuk melakukan sesuatu?
4. Dapatkah kalian mengingat dan menyebutkan kembali informasi yang kalian simak dalam bahasa kalian sendiri?
5. Bagian mana yang mudah kalian ingat dalam wacana yang kalian simak? Bagian mana yang sulit kalian ingat?
• Guru melakukan pengamatan dan penilaian kepada peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung
 

Kegiatan Penutup
• Guru membuat kesimpulan atau rangkuman dari materi yang disampaikan dalam satu pembelajaran.
• Tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari untuk mengetahui hasil yang dicapai dalam proses pembelajaran
• Guru melakukan evaluasi hasil belajar terhadap materi yang telah disampaikan kepada peserta didik
• Mengajak semua peserta didik untuk mengakhiri pembelajaran dengan melakukan hening sejenak dan berdoa

Lembar Penilaian :terlampir

Refleksi Guru:
• Apakah kegiatan belajar berhasil?
• Berapa persen peserta didik mencapai tujuan?
• Apa yang menurut Anda berhasil?
• Kesulitan apa yang dialami guru dan peserta didik?
• Apa langkah yang perlu dilakukan untuk memperbaiki proses belajar?
• Apakah seluruh peserta didik mengikuti pelajaran dengan baik?
Refleksi Peserta Didik:
• Bagian mana yang menurutmu paling sulit dari pelajaran ini?
• Apa yang akan kamu lakukan untuk memperbaiki hasil belajarmu?
• Kepada siapa kamu akan meminta bantuan untuk memahami pelajaran ini?
• Jika kamu diminta untuk memberikan bintang 1 sampai 5, berapa bintang akan kamu berikan
• pada usaha yang telah kamu lakukan?
• Bagian mana dari pembelajaran ini yang menurut kamu menyenangkan?
Daftar Pustaka:
Buku Guru Dan Buku Siswa Bahasa Indonesiia Kelas VII SMP Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Pusat Kurikulum Dan Perbukuan

Lembar Kerja: terlampir

Bahan Bacaan Siswa terlampir

Bahan Bacaan Guru :
Buku panduan Guru Bahasa Indonesia kelas VII SMP Penulis: Sofie Dewayani, Rakhma Subarna, C. Erni Setyowati
Penerbit : Pusat Kurikulum dan Perbukuan
Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
Jalan Gunung Sahari Raya No. 4 Jakarta Pusat

Jika para rekan guru berminat untuk mendapatkan dan memiliki Modul ajar / perangkat ajar bahasa indonesia kelas 7 SMP silahkan pesan DISINI atau menghubungi nomor tel/wa : 081350504500

DOWNLOAD MODUL AJAR BAHASA INDONESIA KELAS 7 SMP KURIKULUM MERDEKA

Belum ada Komentar untuk "MODUL AJAR BAHASA INDONESIA KELAS 7 SMP KURIKULUM MERDEKA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel