Modul Ajar TK/PAUD Kurikulum 2022 Tema : Aku Cinta Bumi / Menghijaukan Lingkungan / Pohon

Modul Ajar TK/PAUD Kurikulum 2022 Tema : Aku Cinta Bumi / Menghijaukan Lingkungan / Pohon

Modul Ajar TK/PAUD Kurikulum 2022 Tema : Aku Cinta Bumi / Menghijaukan Lingkungan / Pohon merupakan salah satu perangkat ajar guru yang sesuai dengan Kurikulum Paradigma Baru / Kurikulum Prototipe / Kurikulum Sekolah Penggerak / Kurikulum 2022 / Kurikulum Merdeka.

A. INFORMASI UMUM
Nama : ...........
Jenjang/Kelas : TK/TKB
Asal Sekolah : .........
Mata Pelajaran -
Alokasi Waktu : 1-5 pertemuan 210 menit
Jumlah Siswa 15 anak
Model Pembelajaran : Tatap Muka
Fase : Fondasi
Tema/SubTema/Topik : Aku Cinta Bumi/Menghijaukan Lingkungan/Pohon

Tujuan Pembelajaran
● Anak menyayangi pohon sebagai makhluk ciptaan Tuhan.
● Anak dapat berkreasi dan berimajinasi tentang pohon.

Kata Kunci Pohon, pertumbuhan, bumi

Deskripsi Umum Kegiatan
Pada kegiatan ini anak diajak untuk mengenal tentang pohon, menyayangi pohon dan dapat berkreasi membuat karya tentang pohon.
Kegiatan yang dilakukan meliputi :
- Eksplorasi pohon dan diskusi
- Membuat karya konstruktif tentang pohon
- Menanam biji atau sisa potongan sayuran
- Berkreasi menggunakan bahan bagian-bagian pohon

Alat dan Bahan

  • Alat tulis dan gambar : kertas warna, kertas lipat, pulpen, spidol besar, spidol kecil, krayon, pensil warna, cat, kuas, lem, gunting.
  • Bahan-bahan pendukung lainnya seperti pasir, tanah, kerikil, batu, daun, ranting, bunga, balok, papan, sumpit, stik es krim, potongan batang pohon, kulit kayu, botol plastik, bekas kemasan, kain, tali, mur, baut, sendok, dan lain-lain.
  • Buku-buku terkait pohon.
  • Print out/tulisan suku kata.

Sarana Prasarana : Ruangan kelas, halaman sekolah

B. KOMPONEN INTI
1. Bercerita/Berdiskusi gambar
Sumber Contoh sumber: Buku/gambar/video tentang hutan, Buku/gambar/video tentang pohon, Video tentang kerusakan hutan

Contoh Cerita/diskusi: cerita bisa dibuat sendiri oleh guru
Ringkasan cerita :

Ketika berjalan pulang dari sekolah, Dodo melihat banyak pohon kering di sepanjang jalan. Selama perjalanan pulang, Dodo dan teman-teman merasa kepanasan. Udara di sekitar daerah tersebut juga menjadi kering dan gersang. Keesokan harinya Dodo menceritakan pengalaman tersebut pada Ibu guru. Ibu guru kemudian mengajak Dodo dan teman-teman sekelas untuk melakukan suatu tindakan untuk menghijaukan lingkungan dan mengajarkan anak-anak menyayangi pohon ciptaan Tuhan.

2. Peta Konsep (Terlampir)
3. Curah Ide Kegiatan

Berisi variasi kegiatan yang dapat dikembangkan dari peta konsep, misalnya :

a. Kegiatan awal yang dapat memantik ide atau imajinasi anak seperti :
● Mengamati pohon dan tanaman di lingkungan sekitar.
● Membaca buku cerita yang berkaitan dengan pohon.
● Menonton film atau video terkait pohon.
● Pendidik bersama anak mencari informasi dari ensiklopedia.

b. Kegiatan Main
● Eksplorasi dan meneliti pohon yang ada di lingkungan sekitar anak.
● Merawat tanaman yang ada di rumah atau sekolah.
● Berkreasi membuat pohon dari benda-benda yang ada di sekitar anak.
● Berkreasi menggunakan bagian-bagian pohon.
● Eksperimen menanam pohon dan membuat pupuk.
● Menggambar proses pertumbuhan pohon.
● Berimajinasi tentang pohon.
● Dramatisasi pekerjaan yang terkait dengan pohon.
● Memanjat pohon, dll

4. Contoh Rencana Pembelajaran

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Kegiatan direncanakan dalam satu hari namun dalam pelaksanaannya dapat berlangsung lebih dari satu hari


PAUD “……………………………” TAHUN AJARAN 2022/2023
Kelompok/ Usia : B/ 5-6 Tahun
Tema/sub tema/topik : Aku Cinta Bumi/ Menghijaukan Lingkungan/Pohon
Semester/Minggu : ..../....
Hari/Tanggal : ……………………………

Tujuan Kegiatan (Diturunkan dari tujuan operasional yang ada di kurikulum operasional sekolah)
Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan bermain ini antara lain :
● Anak menyayangi pohon sebagai makhluk ciptaan Tuhan.
● Anak dapat berkreasi dan berimajinasi tentang pohon.

Alat dan Bahan
Pastikan bahwa di kelas telah tersedia bahan-bahan yang dapat digunakan anak untuk mendukung kegiatan bermain anak.
Alat dan bahan yang diperlukan antara lain :

  • Alat tulis dan gambar : kertas warna, kertas lipat, pulpen, spidol besar, spidol kecil, krayon, pensil warna, cat, kuas, lem, gunting.
  • Bahan-bahan pendukung lainnya seperti pasir, tanah, kerikil, batu, daun, ranting, bunga, balok, papan, sumpit, stik es krim, potongan batang pohon, kulit kayu, botol plastik, bekas kemasan, kain, tali, mur, baut, sendok, dan lain-lain.
  • Buku-buku terkait pohon.
  • Print out/tulisan suku kata.

Kegiatan :
Bergerak (Kegiatan ini direncanakan sekitar 30 menit tetapi bisa jadi berlangsung lebih lama sesuai dengan minat dan kebutuhan anak)
- Dramatisasi bergerak menirukan pohon yang tumbuh dan berdiri tegak seperti pohon (gerakan yoga keseimbangan).

Pembukaan

  1. 1. Rutinitas pembukaan (disesuaikan dengan rutinitas di sekolah masing-masing, misalnya berbaris, salam, berdoa, mengecek kehadiran).
  2. 2. Eksplorasi pohon yang ada di halaman sekolah: anak mengamati, meraba tekstur, memanjat pohon (jika memungkinkan), mendengar suara daun tertiup angin, membandingkan pohon yang satu dengan yang lain, mencium aroma bagian-bagian pohon, dst.
  3. 3. Diskusi dan tanya jawab tentang pohon serta membahas kosakata yang belum dipahami anak.
  4. 4. Penjelasan aturan dan kegiatan main yang dapat dipilih anak.

 Inti (Kegiatan disajikan dengan menata lingkungan belajar dan anak bebas memilih mana yang akan dilakukan)

  1. Membuat pohon suku kata.
  2. Menggambar proses pertumbuhan pohon.
  3. Menanam pohon dari bibit atau sisa potongan sayuran/buah.
  4. Berkreasi menggunakan bagian-bagian pohon.

 Penutup

  1. Anak menceritakan pengalaman main yang berkesan.
  2. Refleksi perasaan dan apresiasi.
  3. Menguatkan konsep yang didapat anak saat bermain.
  4. Rutinitas penutupan yang disesuaikan dengan sekolah masing-masing

Mengetahui,                           Jakarta, ... 2022
Kepala PAUD                        Guru Kelas


( ........ )                                    (.........)

Untuk mendapatkan Modul Ajar TK/PAUD Kurikulum 2022 Tema : Aku Cinta Bumi / Menghijaukan Lingkungan / Pohon yang sesuai dengan Kurikulum Paradigma Baru / Kurikulum Prototipe / Kurikulum Sekolah Penggerak / Kurikulum 2022 / Kurikulum Merdeka lengkap silahkan download filenya di bawah ini

Belum ada Komentar untuk "Modul Ajar TK/PAUD Kurikulum 2022 Tema : Aku Cinta Bumi / Menghijaukan Lingkungan / Pohon"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel