RPP Perencanaan dan Instalasi Sistem Audio Video Kelas XI SMK Revisi Terbaru
RPP Perencanaan dan Instalasi Sistem Audio Video Kelas XI SMK Revisi Terbaru |
rpprevisi2018.blogspot.com - RPP Perencanaan dan Instalasi Sistem Audio Video Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018 Terbaru Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Keahlian Teknik Elektronika Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video (TAV) Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS).
Satuan Pendidikan : SMK N/S
Mata Pelajaran : Perencanaan dan Instalasi Sistem Audio Video
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Kompetensi Keahlian : Teknik Audio Video
Kelas / Semester : XI / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2019 / 2020
Alokasi Waktu : 12 JP ( 2x Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Teknik Audio Video pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional
Satuan Pendidikan : SMK N/S
Mata Pelajaran : Perencanaan dan Instalasi Sistem Audio Video
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Kompetensi Keahlian : Teknik Audio Video
Kelas / Semester : XI / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2019 / 2020
Alokasi Waktu : 12 JP ( 2x Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Teknik Audio Video pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Teknik Audio Video.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Memahami gelombang suara dan sistem akustik ruang
4.1 Mengukur gelombang suara dan dimensi sistem akustik ruang
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Menginterprestasikan elemen gelombang, jenis-jenis dan interaksi gelombang suara.
3.1.2 Menginterprestasikan karakteristik gelombang suara pada berbagai macam media.
3.1.3 Menginterprestasikan level suara dalam satuan decibel (dB).
3.1.4 Merencanakan sistem akustik ruang kecil.
3.1.5 Merencanakan kebutuhan mikrofon pada sistem akustik suara.
4.1.1 Mengklasifikasikan elemen gelombang, jenis-jenis dan interaksi gelombang suara.
4.1.2 Mendiagramkan karakteristik gelombang suara pada berbagai macam media.
4.1.3 Mengukur level suara dalam satuan decibel (dB) dan interprestasi data hasil pengukuran.
4.1.4 Mengukur level suarasistem akustik ruang kecil dan interprestasi data hasil pengukuran.
4.1.5 Memilih kebutuhan mikrofon sesuai dengan kebutuhan sistem akustik ruang kecil.
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan dapat
• Menginterprestasikan elemen gelombang, jenis-jenis dan interaksi gelombang suara.
• Menginterprestasikan karakteristik gelombang suara pada berbagai macam media.
• Menginterprestasikan level suara dalam satuan decibel (dB).
• Merencanakan sistem akustik ruang kecil.
• Merencanakan kebutuhan mikrofon pada sistem akustik suara.
• Mengklasifikasikan elemen gelombang, jenis-jenis dan interaksi gelombang suara.
• Mendiagramkan karakteristik gelombang suara pada berbagai macam media.
• Mengukur level suara dalam satuan decibel (dB) dan interprestasi data hasil pengukuran.
• Mengukur level suarasistem akustik ruang kecil dan interprestasi data hasil pengukuran.
• Memilih kebutuhan mikrofon sesuai dengan kebutuhan sistem akustik ruang kecil.
Dengan penuh rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
D. Materi Pembelajaran
Gelombang Suara
1. Terbangkitnya Suara
Akustik adalah ilmu suara, yang dimaksud suara adalah getaran mekanik suatu material. Materi dapat seperti udara (bunyi udara), air (bunyi air) atau benda pejal (bunyi benda pejal). Suara melalui media udara disampaikan ke telinga
2. Frekuensi bunyi
Frekuensi bunyi menyatakan, berapa banyak penebalan dan penipisan partikel udara dalam satu detik berurutan satu sama lain. Banyak ayunan tekanan tiap satuan waktu disebut frekuensi dan akan diamati sebagai nada. Frekuensi akan menentukan tinggi nada yang didengar telinga.
3. Tekanan bunyi
Gelombang bunyi merambat dalam suatu medium melalui penebalan dan penipisan yang periodis. Penebalan suatu materi berarti sama dengan penaikan tekanan, penipisan berarti sama dengan pengurangan tekanan dibanding dengan tekanan normal dalam keadaan diam. Pada penyebaran suara , seperti dalam udara, tekanan normal udara diubahg secara periodis dalam irama gelombang suara. Yaitu tekanan saat diam dari udara ditumpangi tekanan yang berubah. Tekanan berganti suara ini disebut sebagai tekanan suara p.
4. Penyebaran bunyi
Bunyi dapat menyebar dalam bahan padat, cairan dan bahan gas.Kecepatan penyebaran bergantung dari ketebalan medium
5. Panjang gelombang
6. Akustik ruangan
Dalam akustik ruangan merangkum semua problem penyebaran bunyi dalam ruangan yang tertutup.
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan
F. Media, Alat, dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar
3. Lingkungan sekitar
4. Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Teknik Audio Video.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Memahami gelombang suara dan sistem akustik ruang
4.1 Mengukur gelombang suara dan dimensi sistem akustik ruang
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Menginterprestasikan elemen gelombang, jenis-jenis dan interaksi gelombang suara.
3.1.2 Menginterprestasikan karakteristik gelombang suara pada berbagai macam media.
3.1.3 Menginterprestasikan level suara dalam satuan decibel (dB).
3.1.4 Merencanakan sistem akustik ruang kecil.
3.1.5 Merencanakan kebutuhan mikrofon pada sistem akustik suara.
4.1.1 Mengklasifikasikan elemen gelombang, jenis-jenis dan interaksi gelombang suara.
4.1.2 Mendiagramkan karakteristik gelombang suara pada berbagai macam media.
4.1.3 Mengukur level suara dalam satuan decibel (dB) dan interprestasi data hasil pengukuran.
4.1.4 Mengukur level suarasistem akustik ruang kecil dan interprestasi data hasil pengukuran.
4.1.5 Memilih kebutuhan mikrofon sesuai dengan kebutuhan sistem akustik ruang kecil.
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan dapat
• Menginterprestasikan elemen gelombang, jenis-jenis dan interaksi gelombang suara.
• Menginterprestasikan karakteristik gelombang suara pada berbagai macam media.
• Menginterprestasikan level suara dalam satuan decibel (dB).
• Merencanakan sistem akustik ruang kecil.
• Merencanakan kebutuhan mikrofon pada sistem akustik suara.
• Mengklasifikasikan elemen gelombang, jenis-jenis dan interaksi gelombang suara.
• Mendiagramkan karakteristik gelombang suara pada berbagai macam media.
• Mengukur level suara dalam satuan decibel (dB) dan interprestasi data hasil pengukuran.
• Mengukur level suarasistem akustik ruang kecil dan interprestasi data hasil pengukuran.
• Memilih kebutuhan mikrofon sesuai dengan kebutuhan sistem akustik ruang kecil.
Dengan penuh rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
D. Materi Pembelajaran
Gelombang Suara
1. Terbangkitnya Suara
Akustik adalah ilmu suara, yang dimaksud suara adalah getaran mekanik suatu material. Materi dapat seperti udara (bunyi udara), air (bunyi air) atau benda pejal (bunyi benda pejal). Suara melalui media udara disampaikan ke telinga
2. Frekuensi bunyi
Frekuensi bunyi menyatakan, berapa banyak penebalan dan penipisan partikel udara dalam satu detik berurutan satu sama lain. Banyak ayunan tekanan tiap satuan waktu disebut frekuensi dan akan diamati sebagai nada. Frekuensi akan menentukan tinggi nada yang didengar telinga.
3. Tekanan bunyi
Gelombang bunyi merambat dalam suatu medium melalui penebalan dan penipisan yang periodis. Penebalan suatu materi berarti sama dengan penaikan tekanan, penipisan berarti sama dengan pengurangan tekanan dibanding dengan tekanan normal dalam keadaan diam. Pada penyebaran suara , seperti dalam udara, tekanan normal udara diubahg secara periodis dalam irama gelombang suara. Yaitu tekanan saat diam dari udara ditumpangi tekanan yang berubah. Tekanan berganti suara ini disebut sebagai tekanan suara p.
4. Penyebaran bunyi
Bunyi dapat menyebar dalam bahan padat, cairan dan bahan gas.Kecepatan penyebaran bergantung dari ketebalan medium
5. Panjang gelombang
6. Akustik ruangan
Dalam akustik ruangan merangkum semua problem penyebaran bunyi dalam ruangan yang tertutup.
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan
F. Media, Alat, dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar
1. Bahan ajar Perencanaan dan Instalasi Sistem Audio Video Kelas XI SMK kurikulum 2013
2. internet3. Lingkungan sekitar
4. Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir
• Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
a. Remedial
- Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal)
- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
- Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.
Belum ada Komentar untuk "RPP Perencanaan dan Instalasi Sistem Audio Video Kelas XI SMK Revisi Terbaru"
Posting Komentar