RPP Perawatan dan Perbaikan Peralatan Audio dan Video Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018
RPP Perawatan dan Perbaikan Peralatan Audio dan Video Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018 |
RPP Perawatan dan Perbaikan Peralatan Audio dan Video Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018 Terbaru Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa Program Keahlian : Teknik Elektronika Kompetensi Keahlian : Teknik Audio Video Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS)
Satuan Pendidikan : SMK N/S
Mata Pelajaran : Perawatan dan Perbaikan Peralatan Audio dan Video
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Kompetensi Keahlian : Teknik Audio Video
Kelas / Semester : XII / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2019 / 2020
Alokasi Waktu : 14 JP ( 2x Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Teknik Audio Video pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Teknik Audio Video.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
Baca juga Model Pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, Dan Mathematics)B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Menerapkan metode pencarian kerusakan, perbaikan dan perawatan macam-macam peralatan elektronik
4.1 Membuat diagram alur (flow chart) perbaikan dan perawatan macam-macam peralatan elektronik
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Memahami prinsip kerja dari setiap peralatan elektronik yang akan dirawat dan diperbaiki.
3.1.2 Mengklasifikasi jenis metode mencari kerusakan dari peralatan elektronik yang akan dirawat dan diperbaiki.
3.1.3 Menentukan metode pencarian kerusakan yang akan digunakan dalam perawatan dan perbaikan peralatan elektronik.
3.1.4 Menerapkan langkah-langkah dalam perawatan dan pencarian kerusakan peralatan elektronik sesuai metode yang ditentukan.
3.1.5 Mengurutkan langkah -langkah melakukan perawatan dan pencarian kerusakan peralatan elektronik dengan membuat diagram alur (flowchart).
4.1.1 Membuat diagram alur (flow chart) perbaikan dan perawatan macam-macam peralatan elektronik
4.1.2 Mempresentasikan diagram alur (flow chart) perbaikan dan perawatan macam-macam peralatan elektronik
Download juga RPP Penerapan Sistem Radio dan Televisi Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018C. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan mampu:
• Memahami prinsip kerja dari setiap peralatan elektronik yang akan dirawat dan diperbaiki.
• Mengklasifikasi jenis metode mencari kerusakan dari peralatan elektronik yang akan dirawat dan diperbaiki.
• Menentukan metode pencarian kerusakan yang akan digunakan dalam perawatan dan perbaikan peralatan elektronik.
• Menerapkan langkah-langkah dalam perawatan dan pencarian kerusakan peralatan elektronik sesuai metode yang ditentukan.
• Mengurutkan langkah -langkah melakukan perawatan dan pencarian kerusakan peralatan elektronik dengan membuat diagram alur (flowchart).
• Membuat diagram alur (flow chart) perbaikan dan perawatan macam-macam peralatan elektronik
• Mempresentasikan diagram alur (flow chart) perbaikan dan perawatan macam-macam peralatan elektronik
dengan penuh rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
Download juga Silabus Penerapan Sistem Radio dan Televisi Kelas XI SMK Kurikulum 2013D. Materi Pembelajaran
Metode pencarian kerusakan, perbaikan dan perawatan macam-macam peralatan elektronik
• Metode Perawatan dan pencarian kerusakan peralatan elektronik
• Langkah-langkah melakukan perawatan dan mencari kerusakan peralatan elektronik.
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan
F. Media, Alat, dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar
1. Bahan ajar Perawatan dan Perbaikan Peralatan Audio dan Video Kelas XII SMK kurikulum 2013
2. internet
3. Lingkungan sekitar
4. Sumber lain yang relevan
Download juga Silabus Perawatan dan Perbaikan Peralatan Audio dan Video Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk
Download juga Buku Panduan Implementasi Pembelajaran Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, dan Mathematic)2. Instrumen Penilaian
• Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
- Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal)
- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
- Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.
Download juga RPP Berbasis STEM Mata Pelajaran Kimia Kelas XII SMAUntuk mendapatkan RPP Perawatan dan Perbaikan Peralatan Audio dan Video Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018 Terbaru BBidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa Program Keahlian : Teknik Elektronika Kompetensi Keahlian : Teknik Audio Video Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan download atau unduh filenya di bawah ini, Untuk mendapatkan versi lengkapnya silahkan klik DISINI.
Belum ada Komentar untuk "RPP Perawatan dan Perbaikan Peralatan Audio dan Video Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018"
Posting Komentar