RPP Desain Busana Kelas XI SMK Revisi 2018

https://rpprevisi2018.blogspot.com/
RPP Desain Busana Kelas XI SMK Revisi 2018
RPP SMK Abad 21 - RPP Desain Busana Kelas XI SMK Revisi 2018 Bidang Keahlian Pariwisata Program Keahlian Tata Busana Kompetensi Keahlian Tata Busana Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS).


Satuan Pendidikan : SMK N/S
Mata Pelajaran : Desain Busana
Kompetensi Keahlian : Tata Busana
Kelas / Semester : XI / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2019 / 2020
Alokasi Waktu : 6 JP ( 2x Pertemuan)

A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Tata Busana pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Tata Busana
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Menerapkan desain busana anak sesuai dengan konsep colase
4.1 Membuat desain busana anak sesuai dengan konsep colase

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Menjelaskan pengertian desain busana anak
3.1.2 Menjelaskan pengertian kolase
3.1.3 Menjelaskan pengertian konsep kolase pada desain busana
3.1.4 Menjelaskan alat dan bahan yang digunakan dalam membuat desain busana anak dengan konsep colase
4.1.1. Membuat desain busana anak sesuai dengan kriteria (usia, kesempatan, waktu)
4.1.2. Membuat desain busana anak dengan cara menempel dengan kain sebenarnya
Download juga RPP Administrasi Umum Kelas X SMK Revisi 2018
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses pembelajaran praktik, mencari informasi, menanya, berdiskusi dan peserta didik di harapkan dapat Menjelaskan pengertian desain busana anak, Menjelaskan pengertian kolase, Menjelaskan pengertian konsep kolase pada desain busana, Menjelaskan alat dan bahan yang digunakan dalam membuat desain busana anak dengan konsep colase serta mampu mempresentasikan hasil pembuatan desain busana anak dengan konsep colase dengan penuh rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

D. Materi Pembelajaran
Desain Busana Anak Sesuai Dengan Konsep Colase
• Pengertian desain
• Macam-macam cara atau teknik pembuatan desain
• Pengertian konsep colase pada desain busana
• Alat-alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan busana anak dengan konsep kolase
• Desain busana dan ilustrasi serta cara membuat desain busana anak
• Macam-macam busana anak berdasarkan : usia, kesempatan, dan waktu
• Macam-macam bagian-bagian busana ( kerah, lengan, siluet) yang digunakan dalam pembuatan desain busana anak
• Macam-macam warna dan bahan kain yang digunakan dalam pembuatan desain busana anak dengan konsep colase / teknik tempel
Download juga Buku Produk Kreatif dan kewirausahaan Kelas XI SMK Revisi 2017
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : PBL (Problem-based Leaming)
3. Metode : Diskusi,Tanya Jawab, Praktik, Penugasan

F. Media, Alat, dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris

G. Sumber Belajar
1. Bahan ajar Desain Busana kelas XI kurikulum 2013
2. Lingkungan sekitar
3. internet
4. Bahan Ajar lian yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
Download juga Silabus Desain Busana Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,

2. Instrumen Penilaian
• Terlampir

3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial
  • Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas
Download juga langkah-langkah penyusunan solah HOTS Biologi
Untuk mendapatkan contoh RPP Desain Busana Kelas XI SMK Revisi 2018 Bidang Keahlian Pariwisata Program Keahlian Tata Busana Kompetensi Keahlian Tata Busana Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan unduh filenya di bawah ini. Untuk mendapatkan perangkata pembelajaran lengkapnya silahkan klik DISINI.

1 Komentar untuk "RPP Desain Busana Kelas XI SMK Revisi 2018"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel