RPP Produk Pastry Dan Bakery Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017

https://rpprevisi2018.blogspot.com/
RPP Produk Pastry Dan Bakery Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017

RPP SMK Revisi 2017 - RPP Produk Pastry Dan Bakery Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian: Pariwisata Program Keahlian: Kuliner Kompetensi Keahlian: Tata Boga (C3) Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) .

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : SMK N/S
Mata Pelajaran : Produk Pastry Dan Bakery
Program Keahlian : Kuliner
Kompetensi Keahlian : Tata Boga
Kelas/Semester : XI / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 20 JP 4 (Pertemuan)

A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Tata Boga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Tata Boga.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Menganalisis marzipan
4.1 Membuat marzipan

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Memahami teknik pembuatan marzipan
3.1.2 Menjelaskan jenis-jenis marzipan
3.1.3 Mendeskripsikan pembuatan marzipan
4.1.1 Mendemostrasikan cara pembuatan marzipan
4.1.2 Menyediakan bahan-bahan pembuatan marzipan

C. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan dapat Memahami teknik pembuatan marzipan, Menjelaskan jenis-jenis marzipan, Mendeskripsikan pembuatan marzipan, Mendemostrasikan cara pembuatan marzipan dan Menyediakan bahan-bahan pembuatan marzipan Serta Mampu Membuat marzipan dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

D. Materi Pembelajaran
Marzipan
• Teknik pembuatan marzipan
• Jenis-jenis marzipan
• Alat untuk pembuatan marzipan
• Bahan bahan pembuatan marzipan

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan

F. Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang (Slide Power Point)
4. Video/gambar/kue sebenarnya
5. Whiteboard
6. Spidol
7. Penggaris

G. Sumber Belajar
1. Bahan Ajar Produk Pastry Dan Bakery Kurikulum 2013
2. Internet
3. Sumber lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
  • Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal)
b. Pengayaan
  • Pegayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.

Untuk bisa memiliki RPP Produk Pastry Dan Bakery Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian: Pariwisata Program Keahlian: Kuliner Kompetensi Keahlian: Tata Boga (C3) Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan unduh filenya di bawah ini atau bisa juga berkunjung ke halaman disini.

Belum ada Komentar untuk "RPP Produk Pastry Dan Bakery Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel