RPP K13 Bahasa Jerman Kelas X SMA Revisi 2017

https://rpprevisi2018.blogspot.com/
RPP K13 Bahasa Jerman Kelas X Revisi 2017

RPP K13 Revisi 2018 - RPP Bahasa Jerman Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : SMA Negeri 8 ...........
Mata Pelajaran : Bahasa Jerman
Kelas / Semester : X /1
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 2 Pertemuan (6 x 45 menit)


A. Kompetensi Inti
KI SPIRITUAL (KI 1) DAN KI SOSIAL (KI 2)
Kompetensi Sikap Spiritual adalah “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial adalah “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional.

KI PENGETAHUAN (KI 3)
KI 3 : memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural padabidang kajianyang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnyauntuk memecahkan masalah.

KI KETERAMPILAN (KI 4)
KI 4: mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
3.2 Mendemonstrasikan tindak tutur untuk memberi dan meminta informasi terkait memperkenalkan diri dan orang lain, kegiatan di lingkungan sekolah dalam bentuk teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks.
4.2 Menggunakan tindak tutur untuk memberi dan meminta informasi terkait memperkenalkan diri dan orang lain, kegiatan di lingkungan sekolah dalam bentuk teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks.

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.2.1 Mendengarkan perkenalan diri(Sich vorstellen ) yang diucapkan oleh guru.
3.2.2 Melihat video mengenai perkenalan diri (Sich vorstellen) dalam bahasa Jerman.
3.2.3 Memahami informasi pada video mengenai perkenalan diri (Sich vorstellen ) dalam bahasa Jerman.
3.2.4 Melafalkan ungkapan komunikatif terkait perkenalan diri dari video
3.2.5 Mengenali perkenalan diri (Sich vorstellen dalam bahasa Jerman.
3.2.6 Menjodohkan ungkapan komunikatif tentang perkenalan yang didengar dengan kartu
3.2.7 Melengkapi teks rumpang tentang memperkenalkan diri.
3.2.8 Melengkapi tabel konjugasi kata kerja yang dipergunakan untuk memperkenalkan diri.
3.2.9 Mendengarkan perkenalan orang lain (Andere vorstellen) yang diucapkan oleh guru.
3.2.10 Peserta didik memahami materi terkait Andere vorstellen yang diberikan oleh guru.
3.2.11 Melihat video mengenai Andere vorstellen dalam bahasa Jerman.
3.2.12 Memahami informasi pada video mengenai perkenalan orang lain (Andere vorstellen ) dalam bahasa Jerman.
3.2.13 Melafalkan ungkapan komunikatif terkait Andere vorstellen dari video.
3.2.14 Mengenali perkenalan orang lain (Andere vorstellen ) dalam bahasa Jerman.
3.2.15 Membuat paragraf sederhana terkait Andere vorstellen.

4.2.1 Menirukan perkenalan diri (Sich vorstellen)
4.2.2 Melafalkan perkenalan diri (Sichvorstellen)
4.2.3 Memperkenalkan diri sendiri
4.2.4 Menanyakan identitas diri dengan teman sebangku
4.2.5 Mendemontrasikan dialog bersama teman kelas
4.2.6 Mengurutkan kalimat yang
teracak menjadi sebuah dialog
4.2.7 Mendemonstrasikan dialog yang telah tersusun
4.2.8 Melafalkan perkenalan orang lain (Sich vorstellen).
4.2.9 Memperkenalkan orang lain.
4.2.10 Menanyakan identitas diri dengan teman sebangku.
4.2.11 Mendemonstrasikan dialog bersama teman kelas.

C. Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan metode diskusi, tanya jawab, penugasan, dan presentasi, peserta didik dapat mendemonstrasikan tindak tutur untuk memberi dan meminta informasi terkait memperkenalkan diri dan orang lain, dalam bentuk teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek sederhana dengan sopan, santun, percaya diri, berpikir kritis dan bekerja sama (kolaborasi)

D. Materi Pembelajaran
Tindak tutur untuk memberi dan meminta informasi terkait memperkenalkan orang lain dalam bentuk teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks.

E. Metode Pembelajaran
Diskusi, tanya jawab, penugasan, dan presentasi

F. Media Pembelajaran
Media : Laptop dan LCD, VCD

G. Sumber Belajar
1. Buku Studio d A1.
2. http://youtube.com/watch?v=HHkQh0V5Vz8

H. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup

I. Penilaian Hasil Belajar
1. Kompetensi Penilaian
a. Penilaian pengetahuan
b. Penilaian keterampilan
c. Penilaian sikap
2. Tehnik
a. Penilaian pengetahuan : Tes tertulis
b. Penilaian Keterampilan : praktik
c. Penilaian Sikap ; Observasi
3. Bentuk
a. Pilihan ganda dan uraian (terlampir)
b. Lembar penugasan (terlampir)
c. Lembar observasi (terlampir)
4. Remidial
a. Tugas berupa tugas mandiri untuk mempelajari Materi dengan Indikator
yang belum dicapai
b. Tugas belajar bersama tutor sebaya menganai indikator yang belum
dicapai dengan bimbingan guru
5. Pengayaan
a. Menjadi Tutor sebaya kepada teman yang belum mampu mencapai KKM
pada indikatornya dengan pendampingan guru
b. Diberikan pada siswa materi pada pertemuan selanjutnya sebagai
pengetahuan tambahan

Untuk mendapatkan RPP Bahasa Jerman Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan unduh filenya di bawah ini. Atau bisa juga dengan mengunjungi halaman Disini.

Belum ada Komentar untuk "RPP K13 Bahasa Jerman Kelas X SMA Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel