RPP Administrasi Infrastruktur Jaringan Kelas XII SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Administrasi Infrastruktur Jaringan Kelas XII SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
rpprevisi2018.blogspot.com - RPP Administrasi Infrastruktur Jaringan Kelas XII SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS).
Satuan Pendidikan : SMK N/S
Mata Pelajaran : Administrasi Infrastruktur Jaringan
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : XII/Ganjil
Materi Pokok : firewall jaringan
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 45JP ( 5 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI 3: Memahami, menerapkan,menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual,konseptual, operasional dasar,dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Jaringan pada tingkat teknis,spesifik, detil, dan kompleks,berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni,budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI 4: Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Komputer dan Jaringan.Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,kritis, mandiri, kolaboratif,komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru,membiasakan, gerak mahir,menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.10 Mengevaluasi firewall jaringan
4.10 Mengkonfigurasi firewall jaringan
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.10.1 Menjelaskan konsep firewall pada jaringan
3.10.2 Mengklasifikasikan jenis firewall pada jaringan
3.10.3 Menentukan cara konfigurasi firewall pada jaringan
4.10.1. Melakukan konfigurasi firewall pada jaringan
4.10.2. Menguji hasil konfigurasi firewall pada jaringan
4.10.3. Membuat laporan hasil konfigurasi firewall pada jaringan
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan dapat , Menjelaskan konsep firewall pada jaringan, Mengklasifikasikan jenis firewall pada jaringan, Menentukan cara konfigurasi firewall pada jaringan, Melakukan konfigurasi firewall pada jaringan,Menguji hasil konfigurasi firewall pada jaringan,Membuat laporan hasil konfigurasi firewall pada jaringan, dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.
D. Materi Pembelajaran
• Definisi firewall
• Prinsip dan cara Kerja firewall
• Teknologi firewall
• Jenis-jenis firewall
• Karakteristik Firewalls
• Arsitektur firewalls
• Firewalls based OSI Layer
• Layanan firewall
• Aplikasi firewall
• Firewalls policies
• Iptables
• Ipfw
• DMZ (Demilitary Zone)
• Tunnels
• IPSec
• Intrusion detection
• System
• Prosedur dan teknik Konfigurasi firewall
• Studi kasus Konfigurasi firewall
• Prosedur pembuatan laporan konfigurasi firewall
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan
F. Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar
1. Bahan Ajar Administrasi Infrastruktur Jaringan Kurikulum 2013
2. Internet
3. Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
Untuk mendapatkan PP Administrasi Infrastruktur Jaringan Kelas XII SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan unduh filenya di bawah ini, Atau bisa juga dengan mengunjungi halaman Disini.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK N/S
Mata Pelajaran : Administrasi Infrastruktur Jaringan
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : XII/Ganjil
Materi Pokok : firewall jaringan
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 45JP ( 5 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI 3: Memahami, menerapkan,menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual,konseptual, operasional dasar,dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Jaringan pada tingkat teknis,spesifik, detil, dan kompleks,berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni,budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI 4: Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Komputer dan Jaringan.Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,kritis, mandiri, kolaboratif,komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru,membiasakan, gerak mahir,menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.10 Mengevaluasi firewall jaringan
4.10 Mengkonfigurasi firewall jaringan
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.10.1 Menjelaskan konsep firewall pada jaringan
3.10.2 Mengklasifikasikan jenis firewall pada jaringan
3.10.3 Menentukan cara konfigurasi firewall pada jaringan
4.10.1. Melakukan konfigurasi firewall pada jaringan
4.10.2. Menguji hasil konfigurasi firewall pada jaringan
4.10.3. Membuat laporan hasil konfigurasi firewall pada jaringan
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan dapat , Menjelaskan konsep firewall pada jaringan, Mengklasifikasikan jenis firewall pada jaringan, Menentukan cara konfigurasi firewall pada jaringan, Melakukan konfigurasi firewall pada jaringan,Menguji hasil konfigurasi firewall pada jaringan,Membuat laporan hasil konfigurasi firewall pada jaringan, dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.
D. Materi Pembelajaran
• Definisi firewall
• Prinsip dan cara Kerja firewall
• Teknologi firewall
• Jenis-jenis firewall
• Karakteristik Firewalls
• Arsitektur firewalls
• Firewalls based OSI Layer
• Layanan firewall
• Aplikasi firewall
• Firewalls policies
• Iptables
• Ipfw
• DMZ (Demilitary Zone)
• Tunnels
• IPSec
• Intrusion detection
• System
• Prosedur dan teknik Konfigurasi firewall
• Studi kasus Konfigurasi firewall
• Prosedur pembuatan laporan konfigurasi firewall
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan
F. Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar
1. Bahan Ajar Administrasi Infrastruktur Jaringan Kurikulum 2013
2. Internet
3. Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
- Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
- Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.
Untuk mendapatkan PP Administrasi Infrastruktur Jaringan Kelas XII SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan unduh filenya di bawah ini, Atau bisa juga dengan mengunjungi halaman Disini.
ada yang full nya tidak gan
BalasHapus