RPP Penataan Produk Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Penataan Produk Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
RPP SMK Revisi 2017 - RPP Penataan Produk Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Program Keahlian Bisnis dan Pemasaran Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran (C3) Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS).
Satuan Pendidikan : SMK N/S
Mata Pelajaran : Penataan Produk
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Kelas / Semester : XI/Ganjil
Materi Pokok : Penataan Produk
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 12 JP ( 3 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Bisnis Daring dan Pemasaran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional..
KI 4: Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Bisnis Daring dan Pemasaran Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.1. Memahami penataan produk, food, fresh dan kosmetik di supermarket, fashion dan sport
4.1 Melakukan pengelompokan penataan produk food, fresh dan kosmetik di supermarket, fashion dan sport
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 menjelaskan pengertian penataan produk
3.1.2 menjelaskan tujuan penataan produk
3.1.3 Mengidentifikasi jenis-jenis produk
4.1.1 Membedakan penataan produk berdasarkan departemen
4.1.2 Melaksanakan pengelompokan penataan produk berdasarkan departemen
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan dapat menjelaskan pengertian penataan produk, menjelaskan tujuan penataan produk, Mengidentifikasi jenis-jenis produk serta mampu Membedakan penataan produk berdasarkan departemen dan Melaksanakan pengelompokan penataan produk berdasarkan departemen dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
D. Materi Pembelajaran
1. Pengertian Display.
Menata barang dagangan dikenal dengan banyak istilah diantaranya yaitu : display, visual merchandising, merchandise presentation dan lain sebagainya.
Sedangkan pengertian display dapat dilihat sebagai berikut:
a. Ngadiman (2008 : 329) menyatakan bahwa Display: tata letak barang dengan memperhatikan unsur pengelompokan jenis dan kegunaan barang, kerapihan dan keindahan agar terkesan menarik dan mengarahkan konsumen untuk melihat, mendorong, dan memutuskan untuk membeli.
b. Kegiatan menata / menyusun barang dagangan dengan menggunakan media / alat (Fixture) dan kaidah – kaidah tertentu, agar barang dagangan dapat di komunikasikan / di informasikan dengan jelas dan menarik kepada konsumen
c. Suatu cara penataan produk terutama produk barang yang diterapkan oleh perusahaan tertentu dengan tujuan untuk menarik minat konsumen.
d. William J.Shultz, menyatakan “Display consist of simulating customers attention and interest in a product or a store, and desire to buy the product or patronize the store, through direct visual appeal”. Display adalah suatu cara mendorong perhatian dan minat konsumen pada toko atau barang dan mendorong keinginan membeli melalui daya tarik penglihatan langsung ( direct visual appeal ).
e. Menurut Buchari Alma (2004:189) adalah sebagai berikut “ Display ialah keinginan membeli sesuatu yang tidak didorong oleh seseorang, tapi didorong oleh penglihatan ataupun oleh perasaan lainnya.”
2. Pentingnya Penataan Barang Dagangan (Display)
Mengapa Perlu Penataan Barang ? Salah satu alasannya adalah karena jumlah pencapaian penjualan mencerminkan dampak dari program penataan barang yang kita lakukan. Kita harus yakin bahwa dengan penataan barang yang baik ( terencana – terorganisir, kreatif, informatif dan komunikatif ) maka akan menghasilkan penjualan yang maksimal, dengan penataan barang yang baik, memudahkan konsumen menentukan barang yang dicari serta menciptakan suasana nyaman dalam berbelanja.
3. Pengelompokan Penataan Produk
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran :Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan
F. Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop/Komputer
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar
1. Bahan Ajar Penataan Produk Kurikulum 2013
2. Internet
3. Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
Untuk mendapatkan PP Penataan Produk Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Program Keahlian Bisnis dan Pemasaran Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran (C3) Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) Perangkat Pembelajaran Penataan Produk Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017- Download RPP Gambar Teknik Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 - Jual RPP Penataan Produk Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 silahkan unduh filenya di bawah ini. Atau bisa juga dengan mengunjungi halaman Disini.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK N/S
Mata Pelajaran : Penataan Produk
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Kelas / Semester : XI/Ganjil
Materi Pokok : Penataan Produk
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 12 JP ( 3 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Bisnis Daring dan Pemasaran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional..
KI 4: Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Bisnis Daring dan Pemasaran Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.1. Memahami penataan produk, food, fresh dan kosmetik di supermarket, fashion dan sport
4.1 Melakukan pengelompokan penataan produk food, fresh dan kosmetik di supermarket, fashion dan sport
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 menjelaskan pengertian penataan produk
3.1.2 menjelaskan tujuan penataan produk
3.1.3 Mengidentifikasi jenis-jenis produk
4.1.1 Membedakan penataan produk berdasarkan departemen
4.1.2 Melaksanakan pengelompokan penataan produk berdasarkan departemen
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan dapat menjelaskan pengertian penataan produk, menjelaskan tujuan penataan produk, Mengidentifikasi jenis-jenis produk serta mampu Membedakan penataan produk berdasarkan departemen dan Melaksanakan pengelompokan penataan produk berdasarkan departemen dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
D. Materi Pembelajaran
1. Pengertian Display.
Menata barang dagangan dikenal dengan banyak istilah diantaranya yaitu : display, visual merchandising, merchandise presentation dan lain sebagainya.
Sedangkan pengertian display dapat dilihat sebagai berikut:
a. Ngadiman (2008 : 329) menyatakan bahwa Display: tata letak barang dengan memperhatikan unsur pengelompokan jenis dan kegunaan barang, kerapihan dan keindahan agar terkesan menarik dan mengarahkan konsumen untuk melihat, mendorong, dan memutuskan untuk membeli.
b. Kegiatan menata / menyusun barang dagangan dengan menggunakan media / alat (Fixture) dan kaidah – kaidah tertentu, agar barang dagangan dapat di komunikasikan / di informasikan dengan jelas dan menarik kepada konsumen
c. Suatu cara penataan produk terutama produk barang yang diterapkan oleh perusahaan tertentu dengan tujuan untuk menarik minat konsumen.
d. William J.Shultz, menyatakan “Display consist of simulating customers attention and interest in a product or a store, and desire to buy the product or patronize the store, through direct visual appeal”. Display adalah suatu cara mendorong perhatian dan minat konsumen pada toko atau barang dan mendorong keinginan membeli melalui daya tarik penglihatan langsung ( direct visual appeal ).
e. Menurut Buchari Alma (2004:189) adalah sebagai berikut “ Display ialah keinginan membeli sesuatu yang tidak didorong oleh seseorang, tapi didorong oleh penglihatan ataupun oleh perasaan lainnya.”
2. Pentingnya Penataan Barang Dagangan (Display)
Mengapa Perlu Penataan Barang ? Salah satu alasannya adalah karena jumlah pencapaian penjualan mencerminkan dampak dari program penataan barang yang kita lakukan. Kita harus yakin bahwa dengan penataan barang yang baik ( terencana – terorganisir, kreatif, informatif dan komunikatif ) maka akan menghasilkan penjualan yang maksimal, dengan penataan barang yang baik, memudahkan konsumen menentukan barang yang dicari serta menciptakan suasana nyaman dalam berbelanja.
3. Pengelompokan Penataan Produk
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran :Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan
F. Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop/Komputer
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar
1. Bahan Ajar Penataan Produk Kurikulum 2013
2. Internet
3. Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
- Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal)
- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
- Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.
Untuk mendapatkan PP Penataan Produk Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Program Keahlian Bisnis dan Pemasaran Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran (C3) Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) Perangkat Pembelajaran Penataan Produk Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017- Download RPP Gambar Teknik Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 - Jual RPP Penataan Produk Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 silahkan unduh filenya di bawah ini. Atau bisa juga dengan mengunjungi halaman Disini.
Belum ada Komentar untuk "RPP Penataan Produk Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 "
Posting Komentar