Modul Ajar Bahasa Indonesia Fase F Kurikulum Merdeka Revisi Terbaru

link Modul Ajar Bahasa Indonesia Fase F Kurikulum Merdeka Revisi Terbaru
 

Berikut ini merupakan Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas XII Fase F Kurikulum Merdeka Revisi Buku 2022 yang disusun secara sistematis lengkap dengan memuat 3 komponen inti sesuai dengan capaian pembelajaran terbaru.


A. INFORMASI UMUM MODUL
Nama Penyusun : …………………..
Instansi/Sekolah : SMA Negeri …………….
Jenjang / Kelas    : SMA / XII
Alokasi Waktu    : 2 X 1 Pertemuan (2 x 45 menit)
Tahun Pelajaran    : 2023 / 2024

B. KOMPONEN INTI
Capaian Pembelajaran Fase : F

Pada akhir fase F, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa  untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan, konteks sosial, akademis, dan dunia kerja. Peserta didik mampu memahami, mengolah, menginterpretasi, dan mengevaluasi berbagai tipe teks tentang topik yang beragam. Peserta  didik mampu mengkreasi gagasan dan pendapat untuk berbagai tujuan. Peserta didik mampu berpartisipasi aktif dalam kegiatan berbahasa yang melibatkan banyak orang. Peserta didik mampu menulis berbagai teks untuk merefleksi dan mengaktualisasi diri  untuk selalu berkarya dengan mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia di berbagai media untuk memajukan peradaban bangsa.


Capaian Fase F berdasarkan elemen

Menyimak : Peserta didik mampu mengevaluasi berbagai gagasan dan pandangan berdasarkan kaidah logika berpikir dari menyimak berbagai jenis teks (nonfiksi dan fiksi) dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara; mengkreasi dan mengapresiasi gagasan dan pendapat untuk menanggapi teks yang disimak.

Membaca dan Memirsa : Peserta didik mampu mengevaluasi gagasan dan pandangan berdasarkan kaidah logika berpikir dari membaca berbagai tipe teks (nonfiksi dan fiksi) di media cetak dan elektronik. Peserta didik mampu mengapresiasi teks fiksi dan nonfiksi.

Berbicara dan Mempresentasikan : Peserta didik mampu menyajikan gagasan, pikiran, dan kreativitas dalam berbahasa dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara secara logis, sistematis, kritis, dan kreatif; mampu menyajikan karya sastra secara kreatif dan menarik. Peserta didik mampu mengkreasi teks sesuai dengan norma kesopanan dan budaya Indonesia. Peserta didik mampu menyajikan dan mempertahankan hasil penelitian, serta menyimpulkan masukan dari mitra diskusi.

Menulis : Peserta didik mampu menulis gagasan,pikiran, pandangan, pengetahuan metakognisi untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif. Peserta didik mampu menulis berbagai jenis karya sastra. Peserta didik mampu menulis teks refleksi diri. Peserta didik mampu menulis hasil penelitian, teks fungsional dunia kerja, dan pengembangan studi lanjut. Peserta didik mampu memodifikasi/mendekonstruksikan karya sastra untuk tujuan ekonomi kreatif. Peserta didik mampu menerbitkan tulisan hasil karyanya di media cetak maupun digital.

Tujuan Pembelajaran: Setelah mempelajari informasi yang  kompleks dari teks aural atau teks audiovisual, peserta didik mampu  memahami dan menandai informasi yang tidak  akurat. Peserta didik juga mampu menulis teks  prosedural untuk materi yang kompleks dan  mempresentasikannya.


Pertanyaan Pemantik    
1.    Bagaimana memperoleh informasi dengan cara membaca cepat?
2.    Apa yang dimaksud dengan data valid dan data tidak valid dalam sebuah informasi?
3.    Bagaimana menyampaikan pendapat tentang suatu informasi dalam diskusi nonformal?
4.    Bagaimana mengemas informasi tentang karya sastra dalam bentuk teks narasi dan deskripsi?

Profil Pancasila    
•    Beriman Bertakwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia
•    Berkebhinekaan Global
•    Mandiri
•    Bernalar
•    Kritis
•    Kreatif

Kata kunci : teks aural, teks audiovisual, teks prosedural
Target Peserta Didik : Peserta didik Reguler
Jumlah Siswa : 30 Peserta didik (dimodifikasi dalam pembagian jumlah anggota kelompok ketika jumlah siswa sedikti atau lebih banyak)

Assesmen : Guru menilai ketercapaian tujuan pembelajaran
-    Asesmen individu  
-    Asesmen kelompok  

Model Pembelajaran :
•    Problem Based Learning
•    Project Based Learning
•    Team Based Learning
•    Discovery Leraning
•    Jigsaw

Jenis Assesmen :  
•    Presentasi
•    Produk
•    Tertulis
•    Unjuk Kerja
•    Tertulis
•    Proyek

Ketersediaan Materi :
• Pengayaan untuk peserta didik berpencapaian tinggi:
YA/TIDAK
• Alternatif penjelasan, metode, atau aktivitas untuk peserta didik yang sulit memahami konsep:
YA/TIDAK  

Kegiatan Pembelajaran Utama / Pengaturan peserta didik :
•    Individu
•    Berpasangan
•    Berkelompok (Lebih dari dua orang)

Metode  Pembelajaran
•    Ceramah
•    Diskusi
•    Presentasi
•    Analisis
•    sinektik
•    kolaboratif

Materi Pembelajaran: Terlampir
Sumber Belajar:
Sumber Belajar Utama:
1.    Buku cerdas cergas berbahasa dan bersastra Indonesia untuk SMA/SMK Kelas XII  Penerbit, Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 2022
2.    Kamus Besar Bahasa Indonesia.
3.    Internet

Sumber Alternatif :
Guru juga dapat menggunakan alternatif sumber belajar yang terdapat di lingkungan sekitar dan disesuaikan dengan tema yang sedang dibahas.

Media, Alat dan Bahan :
1.    LCD Proyektor, komputer serta tayangan slide PowerPoint (ppt), video pembelajaran, dan media lain yang telah disiapkan.
2.    White board, penghapus, spidol dan alat tulis sekolah.

Persiapan Pembelajaran :
a.    Guru dapat mengondisikan peserta didik terlebih dahulu,  mengecek kehadiran, berdoa sebelum pembelajaran dimulai dan menyanyikan lagu Indonesia Raya atau lagu wajib nasional lainnya (terutama saat pelajaran jam pertama).
b.    Guru menentukan dan menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
c.    Guru melakukan identifikasi kemampuan awal peserta didik, minat, gaya belajar, serta wawasan peserta didik melalui observasi dan pretest.
d.    Guru memilih materi pelajaran yang sesuai, baik yang bersumber dari buku siswa maupun sumber lain yang relevan.
e.    Guru menentukan kata kunci topik-topik yang akan menjadi bahan pembelajaran peserta didik.
f.    Guru mengembangkan bahan belajar berupa contoh, ilustrasi, media power point, tugas, dan sebagainya.

Langkah-langkah pembelajaran : Terlampir

Pengayaan dan Remedial
Pengayaan:
- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai Capaian Pembelajarannya (CP).
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
- Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan atau pendalaman materi

Remedial
- Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang capaian pembelajarannya (CP) belum tuntas.
- Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum tuntas.
- Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum tuntas dalam bentuk pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, belajar kelompok, pemanfaatan tutor sebaya bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian.

Penilaian: Terlampir
Refleksi Guru:
•    Apakah kegiatan belajar berhasil?
•    Berapa persen peserta didik mencapai tujuan?
•    Apa yang menurut Anda berhasil?
•    Kesulitan apa yang dialami guru dan peserta didik?
•    Apa langkah yang perlu dilakukan untuk memperbaiki proses belajar?
•    Apakah seluruh peserta didik mengikuti pelajaran dengan baik?   

Refleksi Peserta Didik:
•    Bagian mana yang menurutmu paling sulit dari pelajaran ini?
•    Apa yang akan kamu lakukan untuk memperbaiki hasil belajarmu?
•    Kepada siapa kamu akan meminta bantuan untuk memahami pelajaran ini?
•    Jika kamu diminta untuk memberikan bintang 1 sampai 5, berapa bintang akan kamu berikan
•    pada usaha yang telah kamu lakukan?
•    Bagian mana dari pembelajaran ini yang menurut kamu menyenangkan?

Bahan Bacaan Guru dan Peserta Didik :
-    Guru dan peserta didik dapat mencari berbagai informasi  Mencermati Informasi tentang Tokoh dari berbagai media atau website resmi di bawah naungan Kementerian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi
-    Buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK Kelas XII : Penerbit, Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Tahun 2022

Glosarium: Terlampir
Daftar Pustaka : Terlampir

Untuk mendapatkan Modul Ajar Bahasa Indonesia Fase F Kelas XII secara lengkap dan utuh untuk 1 tahun 2 semester silahkan pesan DISINI atau bisa menghubungi nomor telp/wa: 081350504500.

Download Contoh Modul Ajar Lengkap Bahasa Indonesia kelas 12 DISINI.

Belum ada Komentar untuk "Modul Ajar Bahasa Indonesia Fase F Kurikulum Merdeka Revisi Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel