Modul Ajar Geografi Fase F Kelas XI SMA Kurikulum Merdeka

Modul Ajar Geografi Fase F Kelas XI SMA Kurikulum Merdeka
Setiap guru memiliki metode dalam membelajarkan materi Geografi. Semua tergantung dari pengamatan Anda terhadap potensi diri dan kondisi lingkungan. Untuk mengenali potensi diri dalam merancang metode pembelajaran di kelas, lakukanlah secara berulang, berdialoglah pada diri sendiri hingga kemudian Anda akhirnya dapat menemukan formula dan karakter yang cocok. Contoh, “Apakah saya ingin membimbing peserta didik untuk beraktivitas menganalisis konsep-konsep dasar sehingga mereka menjadi paham terhadap materi belajar?” Bila benar demikian, maka pada dasarnya Anda sedang mengacu pada pengembangan pemahaman konsep. “Bagaimana bila yang ingin saya lakukan adalah peserta didik melakukan uji hipotesis dengan melakukan pengamatan ataupun eksperimen/percobaan?” Bila hal ini yang Anda lakukan, maka pada dasarnya Anda sedang mengacu pada keterampilan proses.

Kembangkan terus pertanyaan-pertanyaan terhadap diri Anda karena berstrategi artinya Anda sedang mengenali potensi diri Anda serta mengenali peran Anda sebagai fasilitator di kelas. Gunakan alur pendekatan seperti pada gambar model pembelajaran. Dari proses yang Anda lakukan secara berulang, pada akhirnya Anda akan menemukan keajaiban pada diri Anda. Anda akan menemukan rumusan model pembelajaran yang sesuai pada kelas geografi. 

Untuk menghasikan strategi pembelajaran yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan, perhatikanlah beberapa hal berikut:
  1. Anda dapat memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai contoh dan ilustrasi dalam kegiatan pembelajaran yang Anda lakukan. Suatu waktu Anda dapat meminta peserta didik untuk memberikan kondisi lingkungan dalam bentuk narasi atau menunjukkan foto tentang situasi dan kondisi lingkungan. Pada waktu yang lain, Anda dapat memberi tugas kepada peserta didik untuk mengobservasi lingkungan sekitar.
  2. Sesekali Anda dapat mengangkat masalah atau kasus yang terjadi di lingkungan sekitar sebagai bahan kajian dalam diskusi dan kegiatan pembelajaran berbasis masalah lainnya (problem based learning).
  3. Anda dapat membuat peta, menganalisis citra pengindraan jauh, membuat tulisan, dan/atau tugas lainnya tentang wilayah setempat atau wilayah lain yang berada dalam jangkauan peserta didik.
  4. Apapun itu, manfaatkanlah sumber belajar, media pembelajaran, dan alat peraga yang diambil dari lingkungan sekitar.
Pada Modul ajar Geografi kelas XI memuat capaian pembelajaran fase F, tujuan pembelajaran, apersepsi, foto ilustrasi dan narasi, infografis, kotak ilmu berupa konsep dan teori, tautan, kotak spasial, tugas dan proyek kerja, kata kunci, tautan, kotak refleksi, ringkasan materi, dan latihan soal. Modul ajar Geografi kelas XI juga dilengkapi dengan STEMS dan wacana keindonesiaaan. STEMS dituangkan dalam bentuk kotak teknologi sedangkan wacana keindonesiaaan dipertajam dalam bagian refleksi pembelajaran.

Para rekan guru perlu mencermati bagian bertajuk “Ayo Berpikir Kritis”, “Ayo Berpikir Kreatif ” , “Ayo Berkolaborasi” “Ayo Menerapkan Konsep” serta “Lembar Kegiatan”. Bagian-bagian tersebut merupakan aktivitas yang bertujuan untuk mengasah kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis, kreatif, mau bekerjasama dengan teman sebaya.

Untuk lebih jelasnya lagi mengenai Modul Ajar Geografi Kelas XI SMA Fase F Kurikulum Merdeka ini silahkan download contohnya pada akhir artikel ini.
Jika para reka guru berminat untuk mendapatkan dan memiliki Modul Ajar lengkap mata pelajaran Geografi kelas XI Fase F ini silahkan di pesan dengan menghubungi nomor Telp/Wa : 081350504500 atau klik PESAN DISINI.

Belum ada Komentar untuk "Modul Ajar Geografi Fase F Kelas XI SMA Kurikulum Merdeka"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel