RPP Dasar-Dasar Budidaya Perikanan Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

https://rpprevisi2018.blogspot.com/
RPP Dasar-Dasar Budidaya Perikanan Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
RPP SMK Kurikulum 2013 - RPP Dasar-Dasar Budidaya Perikanan Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018 Bidang Keahlian Kemaritiman Program Keahlian Perikanan Kompetensi Keahlian Agribisnis Perikanan Air Payau dan Laut Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SMK
Mata Pelajaran : Dasar-Dasar Budidaya Perikanan
Bidang Keahlian : Kemaritiman
Kompetensi Keahlian : Agribisnis Perikanan Air Payau dan Laut
Kelas / Semester : X / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2019 / 2020
Alokasi Waktu : 12 JP ( 3 Pertemuan)

A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Dasar-dasar Perikanan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Dasar-dasar Perikanan.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru,membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Menjelaskan potensi & peran budidaya perairan berdasarkan sumberdaya alam, ekonomi dan sosial
4.1 Menyajikan potensi & peran budidaya perairan berdasarkan sumberdaya alam, ekonomi dan social

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Memahami Potensi dan Peran Budidaya Perairan
3.1.2 Memahami Ruang lingkup dan tujuan budidaya perairan
3.1.3 Menganalisis potensi budidaya perairan berdasarkan sumberdaya alam, ekonomi dan sosial.
4.1.1 Menyajikan potensi & peran budidaya perairan berdasarkan sumberdaya alam, ekonomi dan social

C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning dan pendekatan saintifik peserta didik diharapkan dapat
• Memahami potensi yang dapat dikembangkan menjadi kegiatan usaha budidaya perairan.
• Menjelaskan luas lahan yang potensial dikembangkan untuk kegiatan budidaya perairan.
• Menjelaskan peranan budidaya perairan bagi perekonomian nasional.
• Menjelaskan peranan budidaya perairan bagi pemenuhan kebutuhan pangan.
• Menjelaskan peranan budidaya perairan bagi perbaikan stok alam.
• Memahami permasalahan dalam pengembangan budidaya perairan.
Dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
D. Materi Pembelajaran
Potensi & Peran Budidaya Perairan Berdasarkan Sumberdaya Alam, Ekonomi Dan Sosial
1. Potensi Budidaya Perairan Berdasarkan Komoditas
2. Peranan budidaya perairan secara umum (ekonomi, kesehatan, peluang kerja, kesejahteraan, pariwisata, dll) baik tingkat lokal, regional, maupun internasional.
3. Permasalahan pengembangan budidaya perairan

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Diskusi kelompok,Tanya Jawab, Penugasan
Download juga RPP Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah Kelas 11 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris

G. Sumber Belajar
1. Buku / bahan ajar Dasar-Dasar Budidaya Perikanan kurikulum 2013
2. Internet
3. Buku teks pelajaran yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir
Download Juga RPP Administrasi Umum Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial
  • Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas

Untuk mendapatkan RPP Dasar-Dasar Budidaya Perikanan Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018 Bidang Keahlian Kemaritiman Program Keahlian Perikanan Kompetensi Keahlian Agribisnis Perikanan Air Payau dan Laut Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan download filenya di bawah ini, Untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkapnya silahkan klik DISINI

Belum ada Komentar untuk "RPP Dasar-Dasar Budidaya Perikanan Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel