RPP Kualitas Air Dan Hama Penyakit Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

https://rpprevisi2018.blogspot.com/

RPP SMK Revisi 2017 - RPP Kualitas Air Dan Hama Penyakit Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Bidang Keahlian Kemaritiman Program Keahlian Perikanan Kompetensi Keahlian Agribisnis Perikanan Air Payau dan Laut Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS.


Satuan Pendidikan : SMK
Mata Pelajaran : Kualitas Air Dan Hama Penyakit
Bidang Keahlian : Kemaritiman
Kompetensi Keahlian : Agribisnis Perikanan Air Payau dan Laut
Kelas / Semester : X / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2019 / 2020
Alokasi Waktu : 12 JP ( 3 Pertemuan)


A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Dasar-dasar Perikanan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Dasar-dasar Perikanan.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru,membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Download Juga RPP Administrasi Umum Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Mengidentifikasi parameter kualitas air
4.1 Melakukan observasi parameter kualitas air

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Memahami parameter kualitas air
3.1.2 Mengidentifikasi macam-macam parameter kualitas air
4.1.1 Menyajikan macam - macam parameter kualitas air dalam budidaya perairan
4.1.2 Melakukan observasi parameter kualitas air


C. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik yang telah mempelajari materi ini diharapkan mampu :
• Menganalisa parameter-parameter fisika kualitas air
• Menganalisa parameter-parameter kimia kualitas air
• Menganalisa parameter-parameter biologi kualitas air.
Dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

D. Materi Pembelajaran
Identifikasi Parameter Kualitas Air
1. Parameter fisika
Sifat-sifat fisika air merupakan faktor pemisah antara lingkungan air dengan lingkungan udara. Selain itu faktor fisika juga banyak mempengaruhi kehidupan organisme di dalam air. Adanya perbedaan yang amat besar dari masing-masing faktor fisika di lingkungan air dengan lingkungan udara, mengakibatkan pengaruh yang berbeda terhadap tumbuhan dan hewan pada masing-masing lingkungan tersebut. Di samping itu air juga berfungsi untuk menjaga tekanan osmosis, sebagai pelarut dan penghantar listrik yang baik.

2. Paremeter Kimia
Air tidak pernah terdapat dalam keadaan benar-benar murni. Bahan/unsur yang terdapat di dalam air umumnya berasal dari tanah, udara dan metabolisme jasad air. Unsur-unsur/bahan tersebut dapat dikategorikan dalam tiga golongan yaitu: (1) gas, (2) unsur anorganik, dan (3) organik.Distribusi ketiga golongan unsur/bahan kimia tersebut di atas, sangat menentukan sifat-sifat kimia air. Unsur-unsur/bahan kimia yang terdapat dalam air ada yang dapat larut dan ada yang tidak larut. Pada umumnya unsur anorganik merupakan unsur kimia yang dapat larut, kecuali unsur belerang (S).Oleh sebab itu di dalam air, unsur-unsur tersebut digolongkan atas unsur “makro dan mikro”.

3. Parameter Biologi
Parameter biologi masih jarang digunakan sebagai parameter penentu pencemaran. Padahal, pengukuran menggunakan parameter fisika dan kimia hanya memberikan kualitas lingkungan sesaat dan cenderung memberikan hasil dengan interpretasi dalam kisaran lebar.
Download Juga RPP Ekonomi Bisnis Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Diskusi kelompok,Tanya Jawab, Penugasan

F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris

G. Sumber Belajar
1. Buku / bahan ajar Kualitas Air dan Hama Penyakit kurikulum 2013
2. Internet
3. Lingkungan sekitar
4. Buku teks pelajaran yang relevan
• Boyd Claude E., 1990. Water Quality in Ponds for Aquaculture. Auburn University Alabama, 482
• Effendi Hefni., 2003. Telaah Kualitas Air : Bagi Pengelolaan Sumberdaya dan Lingkungan Perairan. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
• Hariyadi S, dkk,....Limnologi, Metoda Analisa Kualitas Air, Lab. Limnologi IPB. Bogor.
• Cole,G.A. 1988. Texbook of Limnology. Waveland Press, 401 p.

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup

Download juga RPP Dasar-Dasar Budidaya Perikanan Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk

2. Instrumen Penilaian
• Terlampir

3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
  • Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal)
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.

Untuk mendapatkan RPP Kualitas Air Dan Hama Penyakit Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi terbaru Bidang Keahlian Kemaritiman Program Keahlian Perikanan Kompetensi Keahlian Agribisnis Perikanan Air Payau dan Laut Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan download atau unduh filenya di bawah ini, Untuk mendapatkan versi lengkapnya silahkan klik Disini.

Belum ada Komentar untuk "RPP Kualitas Air Dan Hama Penyakit Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi Terbaru "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel