RPP Pemrograman Web Dan Perangakat Bergerak Kelas XI SMK Revisi 2017
RPP Pemrograman Web Dan Perangakat Bergerak Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
RPP SMK Revisi 2017 - RPP Pemrograman Web Dan Perangakat Bergerak Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) Perangkat Pembelajaran Pemrograman Web Dan Perangakat Bergerak Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017- Download RPP Gambar Teknik Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 - Jual RPP Pemrograman Web Dan Perangakat Bergerak Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
Satuan Pendidikan : SMK N/S
Mata Pelajaran : Pemrograman Web Dan Perangakat Bergerak
Bidang Keahlian : Teknik Informatika Dan Informatika
Kompetensi Keahlian : Rekayasa Perangkat Lunak
Kelas / Semester : XI/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 16 JP (2 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Rekayasa Perangkat Lunak pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Rekayasa Perangkat Lunak.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Memahami konsep teknologi aplikasi web.
4.1 Mempresentasikan berbagai teknologi pengembangan aplikasi web.
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Menjelaskan konsep world wide web (www).
3.1.2 Menjelaskan konsep teknologi aplikasi web.
3.1.3 Menjelaskan berbagai teknologi aplikasi web.
3.1.4 Menjelaskan penggunaan aplikasi berbasis web.
3.1.5 Menjelaskan cara menjalankan aplikasi web menggunakan browser.
3.1.6 Menjelaskan aplikasi web server.
3.1.7 Menjelaskan instalasi paket aplikasi web server.
3.1.8 Menjelaskan penggunaan web direktori dalam web server
4.1.1 Mempresentasikan berbagai teknologi web.
4.1.2 Mengistalasi paket aplikasi web server.
4.1.3 Menguji hasil instalasi web server
4.1.4 Menginstalasi aplikasi editor text.
4.1.5 Menjalankan aplikasi web dengan browser.
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning dan pendekatan saintifik, peserta didik diharapkan mampu menjelaskan konsep world wide web (www), menjelaskan konsep teknologi aplikasi web, menjelaskan berbagai teknologi aplikasi web, menjelaskan penggunaan aplikasi web, menjelaskan cara menjalankan aplikasi web menggunakan browser, menjelaskan aplikasi web server, menjelaskan penggunaan web direktori dalam web server, serta mampu mempresentasikan berbagai teknologi web, mengistalasi paket paket aplikasi web server, meguji hasil instalasi web server, menginstalasi aplikasi editor text, menjalankan aplikasi web dengan browser dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
D. Materi Pembelajaran
• Konsep www
• Teknologi aplikasi web
• Macam-macam browser
• Konsep web server
• Macam-acam software web server
• Macam-macam editor text
• Tool pengembang web.
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : ATM (Amati, Tiru, Modifikasi), Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab,Penugasan
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop / Komputer
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar
1. Bahan Ajar Pemerograman Web Dan Perangakat Bergerak kurikulum 2013
2. Internet
3. Sumber lain Yang Relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
Download juga Silabus Pemrograman Web Dan Perangakat Bergerak Kelas XI SMK SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
- Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal)
- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
- Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.
Untuk memiliki RPP Pemrograman Web Dan Perangakat Bergerak Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan unduh filenya di bawah ini, Untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkapnya silahkan klik DISINI.
link nya yang mana kok tidak bisa dibuka
BalasHapusklik pop up di pojok kanan atas
Hapusklo versi lengkapnya bisa di dapat dimana ?
BalasHapusklik tulisan DISINI pada akhir artikel atau klik gambar yang ada tulisan dapatkan rpp lengkapnya.
Hapus