RPP Pendidikan Agama Katolik 1 Lembar Kelas VII SMP
Nama Sekolah : SMP N
Kelas / Semester : VII / Ganjil
Mata Pelajaran : PA Katolik dan Budi Pekerti
Alokasi Waktu : 3 x 40 menit
Materi Pokok : Manusia Citra Allah
Sub Materi : Aku Citra Allah yang Unik
Kelas / Semester : VII / Ganjil
Mata Pelajaran : PA Katolik dan Budi Pekerti
Alokasi Waktu : 3 x 40 menit
Materi Pokok : Manusia Citra Allah
Sub Materi : Aku Citra Allah yang Unik
Melalui model pembelajaran dengan menggunakan Problem Based Learning, peserta didik mampu :
- Menginventarisasi ciri-ciri yang menjadikan seseorang disebut unik
- Menjelaskan sikap-sikap yang muncul dalam menghadapi keunikan beserta dampaknya pada tindakan.
- Menjelaskan makna manusia sebagai citra Allah berdasarkan Kejadian 1: 26-28.
- Menyusun doa tertulis yang mengungkapkan syukur karena diciptakan Allah unik adanya..
2. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran:
a. Kegiatan Pendahuluan
• Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
• Guru memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari
• Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
• Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
• Guru menyampaikan karakter dan penilaian yang akan dilaksanakan
b. Kegiatan inti (sintaks model pembelajaran)
Orientasi Peserta didik pada masalah
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi yang akan di pelajari dengan cara Mengamati lembar kerja, Foto/Video, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan Aku Citra Allah yang Unik
Mengorganisasi peserta didik
Guru memfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah yang disajikan yaitu mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang mereka perlu ketahui, dan apa yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah terkait materi Aku Citra Allah yang Unik
Membimbing penyelidikan individu/ kelompok
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan Diskusi dan saling tukar informasi terkait Aku Citra Allah yang Unik
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Menyampaikan dan Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang Aku Citra Allah yang Unik
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
Peserta didik menganalisa dan menyimpulkan masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran yang telah dilakukan tentang Aku Citra Allah yang Unik
c. Kegiatan penutup
1. Peserta didik, dengan bimbingan guru, membuat kesimpulan.
2. Guru melakukan refleksi hasil proses belajar yang telah dilaksanakan..
3. Guru memberikan apresiasi kepada seluruh peserta didik yang telah bekerjasama dengan baik dalam kelompok.
4. Guru memberikan evaluasi untuk mengukur ketuntasan PBM.
5. Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada pertemuan berikutnya.
3. Penilaian
Terlampir
a. Sikap : Jurnal dan lembar observasi
b. Keterampilan : Lisan
c. Pengetahuan : Tes Tulis
a. Kegiatan Pendahuluan
• Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
• Guru memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari
• Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
• Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
• Guru menyampaikan karakter dan penilaian yang akan dilaksanakan
b. Kegiatan inti (sintaks model pembelajaran)
Orientasi Peserta didik pada masalah
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi yang akan di pelajari dengan cara Mengamati lembar kerja, Foto/Video, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan Aku Citra Allah yang Unik
Mengorganisasi peserta didik
Guru memfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah yang disajikan yaitu mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang mereka perlu ketahui, dan apa yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah terkait materi Aku Citra Allah yang Unik
Membimbing penyelidikan individu/ kelompok
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan Diskusi dan saling tukar informasi terkait Aku Citra Allah yang Unik
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Menyampaikan dan Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang Aku Citra Allah yang Unik
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
Peserta didik menganalisa dan menyimpulkan masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran yang telah dilakukan tentang Aku Citra Allah yang Unik
c. Kegiatan penutup
1. Peserta didik, dengan bimbingan guru, membuat kesimpulan.
2. Guru melakukan refleksi hasil proses belajar yang telah dilaksanakan..
3. Guru memberikan apresiasi kepada seluruh peserta didik yang telah bekerjasama dengan baik dalam kelompok.
4. Guru memberikan evaluasi untuk mengukur ketuntasan PBM.
5. Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada pertemuan berikutnya.
3. Penilaian
Terlampir
a. Sikap : Jurnal dan lembar observasi
b. Keterampilan : Lisan
c. Pengetahuan : Tes Tulis
Untuk mendapatkan RPP Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas VII SMP Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan download filenya di bawah ini.
Untuk Mendapatkan Perangkat Pembelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas VII SMP Kurikulum 2013 Revisi terbaru lengkap silahkan klik DISINI.
Untuk Mendapatkan Perangkat Pembelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas VII SMP Kurikulum 2013 Revisi terbaru lengkap silahkan klik DISINI.
Belum ada Komentar untuk "RPP Pendidikan Agama Katolik 1 Lembar Kelas VII SMP "
Posting Komentar