RPP Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian Kelas 11 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian Kelas 11 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
RPP SMK Revisi 2017 - RPP Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian Kelas 11 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Program Keahlian Bisnis dan Pemasaran Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS).
Satuan Pendidikan : SMK N/S
Mata Pelajaran : Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Kelas / Semester : XI/Ganjil
Materi Pokok : Ruang Lingkup Administrasi Kepegawaian
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 24 JP ( 8 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI 4: Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.1. Memahami administrasi kepegawaian
4.1 Melakukan pengelompokkan administrasi kepegawaian
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK N/S
Mata Pelajaran : Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Kelas / Semester : XI/Ganjil
Materi Pokok : Ruang Lingkup Administrasi Kepegawaian
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 24 JP ( 8 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI 4: Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.1. Memahami administrasi kepegawaian
4.1 Melakukan pengelompokkan administrasi kepegawaian
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1. Menjelaskan pengetian administrasi
3.1.2. Menjelaskan pengertian tenaga kerja pada umumnya
3.1.3. Menjelaskan pengertian pegawai
3.1.4. Mengemukakan pengertian administrasi kepegawaian
3.1.5. Menguraikan prinsip-prinsip administrasi kepegawaian
3.1.6. Menerangkan fungsi administrasi kepegawaian
3.1.7 Menjelaskan asas pembinaan pegawai
4.1.1. Melakukan identifikasi ruang lingkup administrasi kepegawaian
4.1.1 Mengelompokkan ruang lingkup administrasi kepegawaian
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan dapat Menjelaskan pengetian administrasi, Menjelaskan pengertian tenaga kerja pada umumnya, Menjelaskan pengertian pegawai, Mengemukakan pengertian administrasi kepegawaian, Menguraikan prinsip-prinsip administrasi kepegawaian, Menerangkan fungsi administrasi kepegawaian, Menjelaskan asas pembinaan pegawai serta mampu Melakukan identifikasi ruang lingkup administrasi kepegawaian dan Mengelompokkan ruang lingkup administrasi kepegawaian dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
D. Materi Pembelajaran
Ruang Lingkup Administrasi Kepegawaian
• Pengetian Administrasi
• Pengertian Tenaga Kerja pada umumnya
• Pengertian Pegawai
• Pengertian Administrasi Kepegawaian
• Prinsip-prinsip Administrasi Kepegawaian
• Fungsi Administrasi Kepegawaian
• Asas Pembinaan Pegawai
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan
F. Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop/Komputer
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar
1. Bahan Ajar / buku Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian Kurikulum 2013
2. Internet
3. Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir
• Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
- Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal)
- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
- Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.
Untuk mendapatkan RPP Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian Kelas 11 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Program Keahlian Bisnis dan Pemasaran Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan download atau unduh filenya di bawah ini, Untuk mendapatkan versi lengkapnya silahkan klik Disini.
Belum ada Komentar untuk " RPP Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian Kelas 11 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017"
Posting Komentar