RPP Konsep Dasar Keperawatan Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Konsep Dasar Keperawatan Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
RPP SMK Revisi 2017 - RPP Konsep Dasar Keperawatan Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Kesehatan dan Pekerjaan Sosial Program Keahlian Keperawatan Kompetensi Keahlian Asisten Keperawatan (C2) Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK N/S
Mata Pelajaran : Konsep Dasar Keperawatan
Bidang Keahlian : Kesehatan dan Pekerjaan Sosial
Kelas / Semester : X / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018 / 2019
Alokasi Waktu : 12 JP ( 4 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Asisten Keperawatan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Asisten Keperawatan Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Memahami Keperawatan
4.1 Mengelompokkan profesi Keperawatan
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Menjelaskan sejarah keperawatan
3.1.2 Menjelaskan pengertian dan peran perawat
3.1.3 Menjelaskan perawat professional
3.1.4 Menjelaskan kode etik keperawatan
3.1.5 Mengidentikasi wewenang keperawatan
3.1.6 Mengidentifikasi organisasi Profesi Keperawatan
3.1.7 Menganalisis Profesi Keperwatan
4.1.1 Melaporkan hasil analisis
4.1.2 Mengelompokam profesi keperawatan
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan dapat Menjelaskan sejarah keperawatan, Menjelaskan pengertian dan peran perawat, Menjelaskan perawat professional, Menjelaskan kode etik keperawatan, Mengidentikasi wewenang keperawatan, Mengidentifikasi organisasi Profesi Keperawatan, Menganalisis Profesi Keperwatan, Serta Mampu Melaporkan hasil analisis, Mengelompokam profesi keperawatan, dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tangung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
D. Materi Pembelajaran
Kode Etik Keperawatan
• Pengertian dan Peran Perawat
• Sejarah Keperawatan
• Perawat Prodesional
• Kode Etik Keperawatan
• Wewenang Keperawatan
• Organisasi Profesi Keperawatan
• Profesi Keperawatan
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan
F. Media, Alat, dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar
1. Bahan ajar Konsep Dasar Keperawatan
2. Bahan Ajar yang relevan
3. Film/Gambar
4. internet
5. Brosur/liflet
6. Lembar kerja
7. Litelatur lainnya
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
Download juga Silabus Konsep Dasar Keperawatan Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
• Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
• Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
b. Pengayaan
• Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
• Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
• Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas
Untuk mendapatkan RPP Konsep Dasar Keperawatan Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Kesehatan dan Pekerjaan Sosial Program Keahlian Keperawatan Kompetensi Keahlian Asisten Keperawatan (C2) Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan download filenya di bawah ini. Atau bisa juga klik Disini.
Belum ada Komentar untuk "RPP Konsep Dasar Keperawatan Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017"
Posting Komentar