RPP Geogeafi 1 Lembar Kelas X SMA Model Discovery Learning



Sahabat RPP Revisi berikut ini kami sajikan RPP Geogeafi 1 Lembar Kelas X SMA Revisi 2020 Discovery Learning semoga bisa menjadi bahan rekomendasi dalam menyusun dan membuat perangkat pembelajaran kurikulum 2013 revisi 2020 sesuai dengan format dan kebijakan menteri pendidikan dan kebudayaan cukup 3 komponen dalam menyusun RPP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Model Pembelajaran : Discovery Learning

Nama Sekolah : SMA NEGERI
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XI / Ganjil
Materi Pokok : Pengetahuan Dasar Geografi
Tahun Pelajaran : 2019-2020
Pertemuan ke : 1 @ 3 JP
Kompetensi Dasar :
3.1 Memahami pengetahuan dasar geografi dan terapannya dalam kehidupan sehari-hari
4.1 Menyajikan contoh penerapan pengetahuan dasar geografi pada kehidupan sehari-hari dalam bentuk tulisan

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat Mendeskripsikan pengertian geografi dari berbagai pakar, Membandingkan perkembangan ilmu geografi dari berbagai aliran, Mengidentifikasikan konsep esensial geografi dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari serta mampu Membuat contoh penerapan pengetahuan dasar geografi pada kehidupan sehari-hari dalam bentuk tulisan.

B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. PENDAHULUAN ( 15 Menit )
a. Mengucapkan salam dan mengajak berdoa bersama-sama
b. Mengecek kehadiran siswa
c. Mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
d. Menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi yang akan dicapai
e. Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
Download juga RPP 1 Lembar Seni Budaya Kelas X SMA Revisi 2020
2. KEGIATAN INTI (60 Menit )
a. Pemberian rangsangan (Stimulation)
1) Siswa membaca teks / browsing internet untuk mengidentifikasi Definisi Geografi, Ruang lingkup pengetahuan geografi serta Objek studi dan aspek geografi
2) Setelah membaca buku/browsing internet, siswa mencoba menggali informasi mengenai Definisi Geografi, Ruang lingkup pengetahuan geografi serta Objek studi dan aspek geografi (cermat dan teliti )

b. Pernyataan / Identifikasi Masalah ( Problem Statement)
1) Guru meminta siswa untuk berdiskusi mengidentifikasi hal-hal pokok terkait Definisi Geografi, Ruang lingkup pengetahuan geografi serta Objek studi dan aspek geografi
2) Siswa mengidentifikasi tentang Definisi Geografi, Ruang lingkup pengetahuan geografi serta Objek studi dan aspek geografi
3) Guru menyampaikan hal-hal pokok terkait materi pembelajaran, dan memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk didiskusikan siswa secara berkelompok. (setiap kelompok dengan pertanyaan yang berbeda)
4) Siswa secara berkelompok mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan guru dan menyusunnya dalam bentuk paparan. (mandiri, kerjasama)

c. Pengumpulan data (Data collection)
1) Guru meminta siswa untuk mengumpulkan data terkait Definisi Geografi, Ruang lingkup pengetahuan geografi serta Objek studi dan aspek geografi
2) Siswa melakukan kegiatan pengamatan dan mendiskusikan hasil dari kegiatan pengumpulan data ( mandiri, tanggung jawab, disiplin, kerja sama)

d. Pembuktian (Verification)
1) Guru meminta siswa untuk membandingkan data dari satu dengan sumber yang lain
2) Secara berkelompok siswa membandingkan data dari sumber yang satu dengan sumber yang lain
3) Guru meminta siswa untuk menilai hasil diskusi kelompok
4) Siswa melakukan penilaian terhadap hasil diskusi kelompok lain ( kerjasama, komunikatif,tanggung jawab)

e. Menarik kesimpulan ( Generalization)
1) Guru meminta siswa untuk meyajikan kesimpulan dari hasil pembuktian yang telah dilakukan
2) Siswa membuat bahan presentasi/peta konsep untuk memaparkan hasil (tanggungjawab, kreatif)
3) Siswa lain memberikan tanggapan kepada kelompok yang maju presentasi
4) Siswa memperbaiki hasil presentasi dan membuat kesimpulan bersama (kemandirin)
5) Hasil diskusi setiap kelompok dikumpulkam untuk didistribusikan kepada kelompok yang lain dalam satu kelas (keterbukaan)
Download juga RPP 1 Lembar Sosiologi Kelas X SMA Revisi 2020
3. PENUTUP ( 15 Menit )
1) Kegiatan guru bersama peserta didik yaitu:
a) Membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b) Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
c) Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan

2) Kegiatan guru yaitu:
a) Melakukan penilaian;
b) Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik; dan
c) Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

C. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap : Observasi
2. Penilaian Pengetahuan : Tertulis
3. Penilaian Ketrampilan : Kinerja

Untuk mendapatkan RPP 1 Lembar Geografi Kelas X SMA Revisi 2020 silahkan unduh filenya pada link yang sudah kami sediakan pada akhir artikel ini.
Jika para rekan guru berminta untuk memiliki perangkat pembelajaran lengkap mata pelajaran Geografi kelas X, XI dan XII SMA Revisi 2020 silahkan klik DISINI atau bisa menghubungi WA: 081350504500

Belum ada Komentar untuk "RPP Geogeafi 1 Lembar Kelas X SMA Model Discovery Learning"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel