RPP Pelaksanaan dan Pengawasan Konstruksi dan Properti Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Pelaksanaan dan Pengawasan Konstruksi dan Properti Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
RPP SMK Revisi 2017 - RPP Pelaksanaan dan Pengawasan Konstruksi dan Properti Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Keahlian Teknik Konstruksi dan Properti Kompetensi Keahlian Bisnis Konstruksi dan Properti Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS).
Satuan Pendidikan : SMK
Mata Pelajaran : Pelaksanaan dan Pengawasan Konstruksi dan Properti
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian : Teknik Konstruksi dan Properti
Kompetensi Keahlian : Bisnis Konstruksi dan Properti
Kelas / Semester : XII / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2019 / 2020
Alokasi Waktu : 40 JP ( 5 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Bisnis Konstruksi dan Properti pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Bisnis Konstruksi dan Properti .
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.12 Menerapkan tahapan-tahapan pelaksanaan pekerjaan kerangka dan penutup atap, pekerjaan plafond, dan penutup lantai
4.12 Melaksanakan pekerjaan kerangka dan penutup atap, pekerjaan plafond, dan penutup lantai
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.12.1 Menjelaskan tahapan-tahapan pelaksanaan pekerjaan kerangka dan penutup atap
3.12.2 Menjelaskan tahapan-tahapan pelaksanaan pekerjaan plafond
3.12.3 Menjelaskan tahapan-tahapan pelaksanaan pekerjaan penutup lantai
4.12.1 Melaksanakan tahapan-tahapan pelaksanaan pekerjaan kerangka dan penutup atap
4.12.2 Melaksanakan tahapan-tahapan pelaksanaan pekerjaan plafond
4.12.3 Melaksanakan tahapan-tahapan pelaksanaan pekerjaan penutup lantai
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, dengan melalui mengamati, menanya, pengumpulan data, mengasosiasi dan mengkomunikasikan, peserta didik diharapkan dapat:
• Menjelaskan tahapan-tahapan pelaksanaan pekerjaan kerangka dan penutup atap
• Menjelaskan tahapan-tahapan pelaksanaan pekerjaan plafond
• Menjelaskan tahapan-tahapan pelaksanaan pekerjaan penutup lantai
• Melaksanakan tahapan-tahapan pelaksanaan pekerjaan kerangka dan penutup atap
• Melaksanakan tahapan-tahapan pelaksanaan pekerjaan plafond
• Melaksanakan tahapan-tahapan pelaksanaan pekerjaan penutup lantai
Dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
D. Materi Pembelajaran
Pekerjaan kerangka dan penutup atap, pekerjaan plafond, dan penutup lantai
1. Tahapan-tahapan pelaksanaan pekerjaan kerangka dan penutup atap
• Memasang rangka atap
• Pemasangan Penutup Atap
• Memeriksa hasil pekerjaan rangka dan penutup atap
2. Tahapan-tahapan pelaksanaan pekerjaan plafond
• Persiapan Pekerjaan
• Metode Pelaksanaan
• Kebutuhan bahan, alat dan tenaga
• Flow Chart Pekerjaan
• Analisa K3 (Kesehatan Keselamatan Kerja)
3. Tahapan-tahapan pelaksanaan pekerjaan penutup lantai
• Persiapan pekerjaan pasangan keramik lantai
• Pembuatan Lantai Kerja (Lantai Dasar)
• Tahap Pemasangan Keramik
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Diskusi kelompok,Tanya Jawab, Penugasan
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar
1. Buku / bahan ajar Pelaksanaan dan Pengawasan Konstruksi dan Properti kurikulum 2013
2. Internet
3. Lingkungan sekitar
4. Buku teks pelajaran yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir
• Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
a. Remedial
- Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal)
b. Pengayaan
- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
- Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.
Download juga Silabus Pelaksanaan dan Pengawasan Konstruksi dan Properti Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
Belum ada Komentar untuk "RPP Pelaksanaan dan Pengawasan Konstruksi dan Properti Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017"
Posting Komentar