RPP Agribisnis Tanaman Hias Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Agribisnis Tanaman Hias Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
RPP SMK Revisi 2017 - RPP Agribisnis Tanaman Hias Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Agribisnis dan Agroteknologi Program Keahlian Agribisnis Tanaman Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura untuk tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS).
Satuan Pendidikan : SMK N/S
Mata Pelajaran : Agribisnis Tanaman Hias
Bidang Keahlian : Agribisnis dan Agroteknologi
Kompetensi Keahlian : Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura
Kelas / Semester : XI/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 10 JP( 2 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang dan lingkup Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar (KD)
3.1. Menganalisis lingkup, karakteristik dan persyaratan tumbuh tanaman hias
4.1. Melaksanakan identifikasi tanaman dan persyaratan tumbuh tanaman hias
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Menjelaskan Ruang lingkup tanaman hias
3.1.2 Menjelaskan Manfaat dan prospek mempelajari tanaman hias
3.1.3 Memahami Kunci sukses memproduksi tanaman hias
3.1.4 Mengidentifikasi Jenis dan karakteristik tanaman hias
3.1.5 Menganalisa Persyaratan tumbuh tanaman hias
4.1.1 Menyajikan hasil identifikasi tanaman dan persyaratan tumbuh tanaman hias
4.1.2 Mempresentasikan hasil identifikasi tanaman dan persyaratan tumbuh tanaman hias
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan dapat Menjelaskan Ruang lingkup tanaman hias, Menjelaskan Manfaat dan prospek mempelajari tanaman hias, Memahami Kunci sukses memproduksi tanaman hias, Mengidentifikasi Jenis dan karakteristik tanaman hias, Menganalisa Persyaratan tumbuh tanaman hias serta mampu Menyajikan hasil identifikasi tanaman dan persyaratan tumbuh tanaman hias dengan penuh rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, sertaresponsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK N/S
Mata Pelajaran : Agribisnis Tanaman Hias
Bidang Keahlian : Agribisnis dan Agroteknologi
Kompetensi Keahlian : Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura
Kelas / Semester : XI/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 10 JP( 2 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang dan lingkup Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Download juga RPP Dasar Penanganan Hasil Pertanian Kelas X SMK Revisi 2017B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.1. Menganalisis lingkup, karakteristik dan persyaratan tumbuh tanaman hias
4.1. Melaksanakan identifikasi tanaman dan persyaratan tumbuh tanaman hias
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Menjelaskan Ruang lingkup tanaman hias
3.1.2 Menjelaskan Manfaat dan prospek mempelajari tanaman hias
3.1.3 Memahami Kunci sukses memproduksi tanaman hias
3.1.4 Mengidentifikasi Jenis dan karakteristik tanaman hias
3.1.5 Menganalisa Persyaratan tumbuh tanaman hias
4.1.1 Menyajikan hasil identifikasi tanaman dan persyaratan tumbuh tanaman hias
4.1.2 Mempresentasikan hasil identifikasi tanaman dan persyaratan tumbuh tanaman hias
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan dapat Menjelaskan Ruang lingkup tanaman hias, Menjelaskan Manfaat dan prospek mempelajari tanaman hias, Memahami Kunci sukses memproduksi tanaman hias, Mengidentifikasi Jenis dan karakteristik tanaman hias, Menganalisa Persyaratan tumbuh tanaman hias serta mampu Menyajikan hasil identifikasi tanaman dan persyaratan tumbuh tanaman hias dengan penuh rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, sertaresponsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.
D. Materi Pembelajaran.
1. Ruang lingkup tanaman hias
2. Manfaat dan prospek mempelajari tanaman hias
3. Kunci sukses memproduksi tanaman hias
4. Jenis dan karakteristik tanaman hias
5. Persyaratan tumbuh tanaman hias
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar
1. Bahan Ajar Agribisnis Tanaman Buah Kurikulum 2013
2. Internet
3. Lingkungan sekitar
4. Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk
1. Ruang lingkup tanaman hias
2. Manfaat dan prospek mempelajari tanaman hias
3. Kunci sukses memproduksi tanaman hias
4. Jenis dan karakteristik tanaman hias
5. Persyaratan tumbuh tanaman hias
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan
Download juga RPP Pembuatan Busana Custome Made Kelas XI SMK Revisi 2017F. Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar
1. Bahan Ajar Agribisnis Tanaman Buah Kurikulum 2013
2. Internet
3. Lingkungan sekitar
4. Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
Download juga RPP Biologi Kesehatan Kelas X SMK Revisi 2017I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir
• Terlampir
3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial
a. Remedial
- Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal)
- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
- Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.
Download juga RPP Pengambilan Contoh pengujian Fisik dan pengujian fisik Mekanis Kelas XI SMK Revisi 2017Untuk mendapatkan RPP Agribisnis Tanaman Hias Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Agribisnis dan Agroteknologi Program Keahlian Agribisnis Tanaman Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura untuk tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan unduh filenya di bawah ini. Untuk mendapatkan Perangkat pembelajaran lengkap mata pelajaran Agribisnis tanaman Hias Revisi 2017 silahkan Klik disini.
Belum ada Komentar untuk "RPP Agribisnis Tanaman Hias Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017"
Posting Komentar