RPP Industri Perhotelan Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017

https://rpprevisi2018.blogspot.com/
RPP Industri Perhotelan Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017

RPP SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 - RPP Industri Perhotelan Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Pariwisata Program Keahlian Perhotelan dan Jasa Pariwisata Kompetensi Keahlian Perhotelan tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : SMK N/S
Mata Pelajaran : Komunikasi Industri Pariwisata
Bidang Keahlian : Pariwisata
Kelas / Semester : X/Ganjil
Materi Pokok : Komunikasi Di Tempat Kerja
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 9 JP( 3 Pertemuan)


A. Kompetensi Inti
KI 3: Memahami, menerapkan,menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual,konseptual, operasional dasar,dan metakognitif sesuai denganbidang dan lingkup kerja Perhotelan pada tingkat teknis,spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni,budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional,dan internasional.
KI 4: Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat,informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Akomodasi Perhotelan . Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Download juga RPP Agribisnis Tanaman Hias Kelas XI SMK K13 Revisi 2017
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Menerapkan teknik komunikasi di tempat Kerja
4.1. Melakukan komunikasi di tempat Kerja
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Menjelaskan teknik komunikasi di tempat kerja
3.1.2 Menerapkan teknik komunikasi di tempat kerja
4.1.1 Melakukan komunikasi di tempat kerja

C. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan dapat Menjelaskan teknik komunikasi di tempat kerja dan Menerapkan teknik komunikasi di tempat kerja dengan penuh rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

D. Materi Pembelajaran
Teknik komunikasi di tempat kerja dan penerapannya
• Pengertian Komunuikasi
• Dasar-dasar Komunikasi
• Unsur-unsur dalam berkomunikasi
• Teknik Berkomunikasi
• Bentuk Komunikasi
• Empat Keterampilan Dasar
• Enam (6) faktor penghambat komunikasi
• Memperbaiki Komunikasi
• Keberhasilan Komunikasi Bisnis
Download juga RPP Dasar Penanganan Hasil Pertanian Kelas X SMK K13 Revisi 2017
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan

F. Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris

G. Sumber Belajar
1. Bahan Ajar Komunikasi Industri Pariwisata Kurikulum 2013
2. Internet
3. Sumber lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
Download juga RPP Biologi Kesehatan Kelas X SMK K13 Revisi 2017
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir

3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
  • Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal)
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.
Download juga RPP Costume Made Kelas XI SMK K13 Revisi 2017
Untuk mendapatkan RPP Industri Perhotelan Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Pariwisata Program Keahlian Perhotelan dan Jasa Pariwisata Kompetensi Keahlian Perhotelan silahkan unduh filenya di bawah ini atau bisa juga dengan mengunjungi halaman disini.

Belum ada Komentar untuk "RPP Industri Perhotelan Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel