RPP 1 Halaman Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2020


RPP 1 Halaman Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2020 sesuai Arahan kebijakan baru dalam menyusun RPP adalah Guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan dan mengembangkan format RPP, 3 komponen inti (komponen lainnya bersifat pelengkap dan dapat dipilih secara mandiri): Tujuan pembelajaran, Kegiatan pembelajaran dan Asesmen 1 halaman cukup, Penulisan RPP dilakukan dengan efisien dan efektif sehingga guru memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri sebagai bahan referensi berikut ini saya bagikan RPP 1 Lembar Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2020 sesuai dengan SURAT EDARAN NOMOR 14 TAHUN 2019 TENTANG PENYEDERHANAAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : SMK N Kelas / Semester : XI / Ganjil
Mata Pelajaran : Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit
Materi Pokok : Cara Perawatan Sistem Utama Engine Dan Mekanisme Katup
Pertemuan Ke : 1


1. Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran dengan menggunakan Problem Based Learning, peserta didik diharapkan mampu : Menjelaskan fungsi perawatan sistem engine dan mekanisme katup, Menentukan cara perawatan sistem engine dan mekanisme katup serta mampu Melakukan perawatan sistem utama engine dan mekanisme katup dan Mengontrol hasil perawatan sistem engine dan mekanisme katup dengan penuh rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
Download juga : RPP 1 Lembar Otomatisasi tata Kelola Humas dan Keprotokolan Kelas XI SMK
2. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran:
a. Kegiatan Pendahuluan
Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
Guru memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari
Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
Guru menyampaikan karakter dan penilaian yang akan dilaksanakan

b. Kegiatan inti (sintaks model pembelajaran)
Sintaks

Orientasi Peserta didik pada masalah
  • Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi yang akan di pelajari dengan cara Mengamati lembar kerja, Foto/Video, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan Prosedur dan teknik pemeriksaan gangguan sistem utama engine dan mekanisme katup
Download juga : RPP 1 Lembar Ekonomi Bisnis Kelas X SMK Revisi 2020
Mengorganisasi peserta didik
  • Guru memfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah yang disajikan yaitu mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang mereka perlu ketahui, dan apa yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah terkait materi Prosedur dan teknik pemeriksaan gangguan sistem utama engine dan mekanisme katup

Membimbing penyelidikan individu/kelompok
  • Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan Diskusi dan saling tukar informasi terkait Prosedur dan teknik pemeriksaan gangguan sistem utama engine dan mekanisme katup

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
  • Menyampaikan dan Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang Prosedur dan teknik pemeriksaan gangguan sistem utama engine dan mekanisme katup

Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
  • Peserta didik menganalisa dan menyimpulkan masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran yang telah dilakukan tentang Prosedur dan teknik pemeriksaan gangguan sistem utama engine dan mekanisme katup

c. Kegiatan penutup
1. Peserta didik, dengan bimbingan guru, membuat kesimpulan.
2. Guru melakukan refleksi hasil proses belajar yang telah dilaksanakan..
3. Guru memberikan apresiasi kepada seluruh peserta didik yang telah bekerjasama dengan baik dalam kelompok.
4. Guru memberikan evaluasi untuk mengukur ketuntasan PBM.
5. Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada pertemuan berikutnya.
Download juga : RPP 1 Lembar Desain Busana Kelas XI SMK Revisi 2020
3. Penilaian
Terlampir
a. Sikap : Jurnal dan lembar observasi
b. Keterampilan : Lisan
c. Pengetahuan : Tes Tulis
*Catatan : Komponen lainnya sebagai pelengkap.
Untuk mendapatkan RPP 1 Lembar Teknologi Menjahit Dasar Kelas X SMK silahkan download filenya yang sudah kami kemas dalam bentuk pdf pada akhir artikel ini.
Jika para rekan guru berminat untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkap Teknologi Menjahit dan RPP 1 Lembarnya silahkan klik DISINI atau bisa juga menghubungi langsung ke nomor kami WA/TELP : 0813-5050-4500

Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Halaman Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel