Modul ajar TK/PAUD Kurikulum Merdeka 2022 Tema Kicau Burung Ketilang
Mengawali perjumaan kita pada hari ini saya akan memberitahukan terlebih dahulu bahwa pada pertemeuan sebelumnya kita sudah membahas Modul ajar TK/PAUD Kurikulum Merdeka 2022 Tema RODA / Alat Transportasi. Jika belum sempat mendownloadnya silahkan klik Disini.
Modul Ajar TK/PAUD Kurikulum Merdeka Kicau Burung Ketilang merupakan salah satu perangkat ajar guru yang sesuai dengan Kurikulum Paradigma Baru / Kurikulum Prototipe / Kurikulum Sekolah Penggerak / Kurikulum 2022 / Kurikulum Merdeka.
Nama :.........
Jenjang/Kelas : TKB
Asal Sekolah : .......
Mata Pelajaran :
Alokasi Waktu 1-5 pertemuan 210 menit
Jumlah Siswa 15 anak
Profil Pelajar Pancasila yang berkaitan:
Berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, kreatif, bergotong royong, berkebhinekaan global
Model Pembelajaran : Tatap Muka
Fase : Fondasi
Tujuan Kegiatan
● Anak menghargai orang lain dan menyayangi makhluk hidup ciptaan Tuhan.
● Anak menunjukkan kemampuan mengeksplorasi dan melakukan penyelidikan
● Anak menunjukkan sikap kreatif dalam menyelesaikan masalah (ide, gagasan di luar kebiasaan)
● Anak memiliki lebih banyak kosakata untuk mengekspresikan ide pada orang lain
● Anak memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf
Kata Kunci : Burung, hutan, kandang, kicau
Deskripsi Umum : Kegiatan Dalam pertemuan ini anak diajak peka terhadap kelestarian binatang dan mencari solusi atas masalah yang terjadi.
Kegiatan yang dilakukan diantaranya yaitu:
Mendengarkan cerita tentang burung yang diburu dan dikurung di kandang, meneliti binatang di lingkungan sekitar, membuat bentuk burung dari bahan lunak (tanah liat, bubur mase, dll), melakukan kegiatan bermain peran menjadi keluarga burung, membuat rumah burung dari balok.
Alat dan Bahan :
● Burung asli beserta sangkarnya.
● Miniatur binatang
● Alat tulis dan gambar : kertas warna, spidol besar, spidol kecil, krayon, pensil warna, cat, kuas.
● Buku cerita: aneka buku cerita, termasuk buku cerita buatan guru.
● Mainan huruf dan angka, potongan kertas berisi tulisan suku kata.
● Tanah liat dan bahan-bahan loose part sebagai pendukung.
Sarana Prasarana : Area luar ruangan/halaman sekolah
KOMPONEN INTI
1. Peta Konsep
Informasi tentang sumber belajar:
Pada tema ini, anak-anak dapat mempelajari burung secara langsung. Burung dapat disediakan oleh guru atau bekerja sama dengan orang tua.
2. Curah Ide Kegiatan
Beberapa kegiatan yang dapat dikembangkan dari peta konsep, antara lain:
a. Kegiatan awal untuk memantik ide atau imajinasi anak seperti:
● Mengamati lingkungan sekitar
● Membaca buku cerita yang berkaitan dengan burung
● Menonton film atau video terkait burung
● Pendidik bersama anak mencari informasi dari ensiklopedia
b. Kegiatan Main
● Mengobservasi burung
● Berdramatisasi menjadi keluarga burung
● Membuat Burung dari tanah liat
● Bermain peran menjadi keluarga burung
● Mencari tahu tentang tempat tinggal burung
● Memelihara burung
● Menari seperti burung
3. Langkah-langkah memfasilitasi Pembelajaran
Jenjang/Kelas : TKB
Asal Sekolah : .......
Mata Pelajaran :
Alokasi Waktu 1-5 pertemuan 210 menit
Jumlah Siswa 15 anak
Profil Pelajar Pancasila yang berkaitan:
Berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, kreatif, bergotong royong, berkebhinekaan global
Model Pembelajaran : Tatap Muka
Fase : Fondasi
Tujuan Kegiatan
● Anak menghargai orang lain dan menyayangi makhluk hidup ciptaan Tuhan.
● Anak menunjukkan kemampuan mengeksplorasi dan melakukan penyelidikan
● Anak menunjukkan sikap kreatif dalam menyelesaikan masalah (ide, gagasan di luar kebiasaan)
● Anak memiliki lebih banyak kosakata untuk mengekspresikan ide pada orang lain
● Anak memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf
Kata Kunci : Burung, hutan, kandang, kicau
Deskripsi Umum : Kegiatan Dalam pertemuan ini anak diajak peka terhadap kelestarian binatang dan mencari solusi atas masalah yang terjadi.
Kegiatan yang dilakukan diantaranya yaitu:
Mendengarkan cerita tentang burung yang diburu dan dikurung di kandang, meneliti binatang di lingkungan sekitar, membuat bentuk burung dari bahan lunak (tanah liat, bubur mase, dll), melakukan kegiatan bermain peran menjadi keluarga burung, membuat rumah burung dari balok.
Alat dan Bahan :
● Burung asli beserta sangkarnya.
● Miniatur binatang
● Alat tulis dan gambar : kertas warna, spidol besar, spidol kecil, krayon, pensil warna, cat, kuas.
● Buku cerita: aneka buku cerita, termasuk buku cerita buatan guru.
● Mainan huruf dan angka, potongan kertas berisi tulisan suku kata.
● Tanah liat dan bahan-bahan loose part sebagai pendukung.
Sarana Prasarana : Area luar ruangan/halaman sekolah
KOMPONEN INTI
1. Peta Konsep
Informasi tentang sumber belajar:
Pada tema ini, anak-anak dapat mempelajari burung secara langsung. Burung dapat disediakan oleh guru atau bekerja sama dengan orang tua.
2. Curah Ide Kegiatan
Beberapa kegiatan yang dapat dikembangkan dari peta konsep, antara lain:
a. Kegiatan awal untuk memantik ide atau imajinasi anak seperti:
● Mengamati lingkungan sekitar
● Membaca buku cerita yang berkaitan dengan burung
● Menonton film atau video terkait burung
● Pendidik bersama anak mencari informasi dari ensiklopedia
b. Kegiatan Main
● Mengobservasi burung
● Berdramatisasi menjadi keluarga burung
● Membuat Burung dari tanah liat
● Bermain peran menjadi keluarga burung
● Mencari tahu tentang tempat tinggal burung
● Memelihara burung
● Menari seperti burung
3. Langkah-langkah memfasilitasi Pembelajaran
PAUD “…………………………………”
TAHUN AJARAN ……. / ……….
Kelompok/ Usia : B/ 5-6 Tahun
Topik : Kicau Burung Ketilang
Semester/Minggu : ….. / ……
Hari/Tanggal : …………………………….
Tujuan Kegiatan:
● Anak menghargai orang lain dan menyayangi makhluk hidup ciptaan Tuhan.
● Menunjukkan kemampuan yang bersifat eksploratif dan menyelidik
● Menunjukkan sikap kreatif dalam menyelesaikan masalah (ide, gagasan di luar kebiasaan)
● Memiliki lebih banyak kata-kata untuk mengekspresikan ide pada orang lain
● Memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf
Alat dan Bahan :
● Burung asli beserta sangkarnya.
● Miniatur burung
● Alat tulis dan gambar : kertas warna, spidol besar, spidol kecil, krayon, pensil warna, cat, kuas.
● Buku cerita: aneka buku cerita, termasuk buku cerita buatan guru.
● Mainan huruf dan angka, potongan kertas berisi tulisan suku kata.
● Tanah liat dan bahan-bahan loose part sebagai pendukung.
Kegiatan :
A. Pembukaan
● Kegiatan mengobservasi burung asli.
● Bernyanyi lagu Burung Kutilang bersama-sama.
● Diskusi tentang kosakata yang baru didengar.
● Kegiatan transisi: menyusun suku kata.
B. Kegiatan Inti
● Meneliti burung
● Membuat Burung dari tanah liat
● Bermain peran menjadi keluarga burung
● Membuat rumah burung dari balok
● Memelihara burung
C. Penutupan:
● Membereskan area kegiatan main:
● Menguatkan konsep yang telah dibangun anak selama bermain.
● Memberikan apresiasi atas perilaku positif yang telah dilakukan anak.
● Membuat refleksi bersama anak mengenai keberhasilan atau hal positif yang telah dilakukan oleh dirinya atau teman lain.
D. Refleksi Guru
Untuk kegiatan esok hari, guru dapat membuat refleksi kegiatan hari ini dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut :
1. Apakah anak-anak mendapatkan pengalaman yang cukup sehingga mereka dapat bertanya atau memiliki minat ingin tahu untuk mengeksplorasi dan meneliti?
2. Apakah topik ini sesuai dengan pengetahuan awal mereka?
3. Apakah anak dapat melakukan penelitiannya secara mandiri atau membutuhkan bantuan guru?
4. Apakah topik ini dapat diperluas dengan variasi kegiatan lain dengan penambahan waktu?
5. Apakah kegiatan ini melibatkan sains, sosial, seni, literasi dan numerasi dalam konteks nyata?
6. Apakah topik tersebut cocok untuk dipakai di berbagai area? Media apa yang ingin ditambahkan?
7. Apakah topik ini dapat memfasilitasi komunikasi dengan orang tua?
E. Assessmen
TAHUN AJARAN ……. / ……….
Kelompok/ Usia : B/ 5-6 Tahun
Topik : Kicau Burung Ketilang
Semester/Minggu : ….. / ……
Hari/Tanggal : …………………………….
Tujuan Kegiatan:
● Anak menghargai orang lain dan menyayangi makhluk hidup ciptaan Tuhan.
● Menunjukkan kemampuan yang bersifat eksploratif dan menyelidik
● Menunjukkan sikap kreatif dalam menyelesaikan masalah (ide, gagasan di luar kebiasaan)
● Memiliki lebih banyak kata-kata untuk mengekspresikan ide pada orang lain
● Memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf
Alat dan Bahan :
● Burung asli beserta sangkarnya.
● Miniatur burung
● Alat tulis dan gambar : kertas warna, spidol besar, spidol kecil, krayon, pensil warna, cat, kuas.
● Buku cerita: aneka buku cerita, termasuk buku cerita buatan guru.
● Mainan huruf dan angka, potongan kertas berisi tulisan suku kata.
● Tanah liat dan bahan-bahan loose part sebagai pendukung.
Kegiatan :
A. Pembukaan
● Kegiatan mengobservasi burung asli.
● Bernyanyi lagu Burung Kutilang bersama-sama.
● Diskusi tentang kosakata yang baru didengar.
● Kegiatan transisi: menyusun suku kata.
B. Kegiatan Inti
● Meneliti burung
● Membuat Burung dari tanah liat
● Bermain peran menjadi keluarga burung
● Membuat rumah burung dari balok
● Memelihara burung
C. Penutupan:
● Membereskan area kegiatan main:
● Menguatkan konsep yang telah dibangun anak selama bermain.
● Memberikan apresiasi atas perilaku positif yang telah dilakukan anak.
● Membuat refleksi bersama anak mengenai keberhasilan atau hal positif yang telah dilakukan oleh dirinya atau teman lain.
D. Refleksi Guru
Untuk kegiatan esok hari, guru dapat membuat refleksi kegiatan hari ini dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut :
1. Apakah anak-anak mendapatkan pengalaman yang cukup sehingga mereka dapat bertanya atau memiliki minat ingin tahu untuk mengeksplorasi dan meneliti?
2. Apakah topik ini sesuai dengan pengetahuan awal mereka?
3. Apakah anak dapat melakukan penelitiannya secara mandiri atau membutuhkan bantuan guru?
4. Apakah topik ini dapat diperluas dengan variasi kegiatan lain dengan penambahan waktu?
5. Apakah kegiatan ini melibatkan sains, sosial, seni, literasi dan numerasi dalam konteks nyata?
6. Apakah topik tersebut cocok untuk dipakai di berbagai area? Media apa yang ingin ditambahkan?
7. Apakah topik ini dapat memfasilitasi komunikasi dengan orang tua?
E. Assessmen
Guru mengumpulkan karya dan hasil observasi kegiatan anak seperti komentar, perilaku dan kemampuan anak dalam bentuk catatan, rekaman video atau foto yang menggambarkan pencapaian anak dalam kegiatan tersebut.
Untuk lebih detailnya lagi mengenai Modul Ajar TK/PAUD Kurikulum Merdeka 2022 Tema Kicau Burung Ketilang yang sesuai dengan Kurikulum Paradigma Baru / Kurikulum Prototipe / Kurikulum Sekolah Penggerak / Kurikulum 2022 / Kurikulum Merdeka silahkan download filenya di bawah ini.
Belum ada Komentar untuk "Modul ajar TK/PAUD Kurikulum Merdeka 2022 Tema Kicau Burung Ketilang"
Posting Komentar