Modul Ajar TK/PAUD Kurikulum 2022 / Pembelajaran Berbasis Proyek Pohon
A. INFORMASI UMUM
Nama : ............
Jenjang/Kelas : TK/TKB
Asal Sekolah : ........
Mata Pelajaran : -
Alokasi Waktu : 1-5 pertemuan 120 menit
Jumlah Siswa : 15 anak
Profil Pelajar Pancasila yang berkaitan :
● Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia
● Mandiri
● Bernalar kritis
● Kreatif
Model Pembelajaran : Tatap Muka
Fase : Fondasi
Tema/Sub Tema/Topik :Aku Cinta Bumi/Menghijaukan Lingkungan/Pohon
Tujuan Kegiatan:
● Anak menyayangi pohon sebagai makhluk ciptaan Tuhan.
● Anak dapat berkreasi dan berimajinasi tentang pohon.
Kata Kunci :Pohon, pertumbuhan, projek, karya
Deskripsi Umum Kegiatan : Pada kegiatan ini anak diajak untuk membuat suatu projek yang terkait dengan pohon.
Kegiatan diawali dengan menggali pengetahuan awal anak-anak tentang pohon, meneliti pohon secara mendalam, menanam pohon, mengaplikasikan pengetahuan yang sudah didapat ke dalam bentuk karya visual-verbal-gerak, puncak kegiatan yaitu pameran karya tentang pohon.
Alat dan Bahan : Bagian-bagian pohon, media konstruktif (playdough/tanah liat/clay, lego, bekas kemasan), kertas, alat tulis, media mewarnai (cat/krayon/pensil warna), bahan-bahan penunjang (loose parts)
Sarana Prasarana : Ruangan kelas, halaman sekolah, taman kota
B. KOMPONEN INTI
1. Bercerita/Berdiskusi gambar
Sumber Contoh sumber: Buku/gambar/video tentang hutan, Buku/gambar/video tentang pohon, Video tentang kerusakan hutan
Contoh Cerita/diskusi (cerita bisa dibuat sendiri oleh guru)
Ringkasan cerita :
Ketika berjalan pulang dari sekolah, Dodo melihat banyak pohon kering di sepanjang jalan. Selama perjalanan pulang, Dodo dan teman-teman merasa kepanasan. Udara di sekitar daerah tersebut juga menjadi kering dan gersang. Keesokan harinya Dodo menceritakan pengalaman tersebut pada Ibu guru. Ibu guru kemudian mengajak Dodo dan teman-teman sekelas untuk melakukan suatu tindakan untuk menghijaukan lingkungan dan mengajarkan anak-anak menyayangi pohon ciptaan Tuhan.
2. Membuat Peta Konsep :
Setelah menentukan tema yang akan dikenalkan pada anak, guru membuat peta konsep sebagai dasar dalam pemilihan topik-topik yang akan dibahas. Berikut contoh peta konsep tentang pohon :
3. Curah Ide Kegiatan :
Dari peta konsep yang telah dibuat, guru dapat merumuskan berbagai variasi kegiatan yang dapat dilakukan oleh anak. Ragam kegiatan disesuaikan dengan pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan di sekolah masing-masing. Kemudian guru dapat menggunakan seluruh atau sebagian kegiatan sesuai dengan minat dan kebutuhan anak. Berikut contoh ragam kegiatan dalam proyek tentang pohon:
Tahapan Proyek Permulaan / Urutan Hari 1 / Ragam Kegiatan
● Memantik ide anak (diskusi awal)
● Mendengarkan cerita buku tentang pohon
● Menggambar pohon
● Menceritakan karya
Tahapan Proyek Permulaan / Urutan Hari 2 / Ragam Kegiatan
● Permainan tebak bagian pohon
● Review pohon yang diamati
● Mengisi tabel prediksi
● Merencanakan kunjungan ke taman kota
Tahapan Proyek Pengembangan / Urutan Hari 3 / Ragam Kegiatan
● Kunjungan lapangan (penelitian lebih luas dan mendalam)
● Tanya jawab dengan narasumber
● Mengumpulkan bagian pohon yang bisa dibawa ke sekolah
Tahapan Proyek Pengembangan / Urutan Hari 4 / Ragam Kegiatan
● Mencari informasi dari sumber lain (buku/video/artikel)
● Mengumpulkan data hasil penelitian
● Membuat laporan penelitian kunjungan taman kota
Tahapan Proyek Pengembangan / Urutan Hari 5 / Ragam Kegiatan
● Menonton video tentang proses pertumbuhan pohon
● Menanam pohon (dari biji dan bagian lain)
● Menggambar proses pertumbuhan pohon
Tahapan Proyek Pengembangan / Urutan Hari 6 / Ragam Kegiatan
● Membuat sajak/lagu tentang pohon
● Dramatisasi gerakan pohon tumbuh
● Membuat tarian pohonTahapan
Proyek Pengembangan / Urutan Hari 7 / Ragam Kegiatan
● Kolaborasi membuat karya besar pohon
Proyek Pengembangan / Urutan Hari 8 / Ragam Kegiatan
● Membuat diorama hutan dari media konstruktif (lego/balok/playdough/tanah liat)
● Berkreasi menggunakan bagian-bagian pohon
● Dramatisasi serangga di pohon
Tahapan Proyek Penyimpulan / Urutan Hari 9 / Ragam Kegiatan Merencanakan Pameran Karya
● Menata display ruang pameran (karya, data yang ditampilkan)
● Berlatih tampilan yang akan ditunjukkan (menari/bernyanyi/presentasi)
● Membuat undangan pameran untuk keluarga
Tahapan Proyek Penyimpulan / Urutan Hari 9 / Ragam Kegiatan
● Pameran karya pohon
● Refleksi bersama
Pelibatan Keluarga:
1. Mengirim memo yang berisi informasi tentang tema/topik yang ada di sekolah dan apa yang bisa anak-anak lakukan di rumah dengan dukungan orang tua (misalnya : Meminta orang tua untuk mengajak anak mengamati dan merawat tanaman, bermain huruf menyusun nama bagian pohon, dll)
2. Mengundang orang tua yang berprofesi terkait dengan pohon untuk menjadi narasumber
3. Mengundang orang tua/keluarga untuk datang di acara pameran karya anak.
5. Langkah-langkah Memfasilitasi Pembelajaran
Berikut adalah tahapan dalam memfasilitasi anak berkegiatan. Guru dapat secara fleksibel merubah atau memodifikasi langkah-langkah berkegiatan sesuai dengan kondisi kelas.
Tema/sub tema : Aku Cinta Bumi/Menghijaukan Lingkungan
Topik : Pohon
Durasi : 2-8 minggu (durasi tergantung respon dan kebutuhan anak)
Tujuan Kegiatan :
Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan ini antara lain :
1. Anak menyayangi pohon sebagai makhluk ciptaan Tuhan.
2. Anak menunjukkan rasa ingin tahu melalui observasi, eksplorasi dan eksperimen.
3. Anak dapat berkreasi dan berimajinasi tentang pohon.
a. Tahap Permulaan
Anak-anak memulai proyek dengan meneliti terlebih dahulu pohon yang ada di lingkungan sekolah.
Hari 1
Tujuan kegiatan : anak dapat mengkomunikasikan pengetahuan awal tentang pohon secara verbal maupun visual.
Pembukaan
1. Memantik Ide Anak Lewat Cerita Buku
- Anak menyimak cerita buku tentang pohon yang berjudul “Pohon kesayangan Daru”.
- Anak menjawab pertanyaan guru seputar isi cerita.
- Anak dan guru membahas kosakata yang belum dikenal anak.
- Anak didorong untuk menceritakan apa yang telah mereka ketahui tentang pohon atau apa pengalaman mereka yang menarik tentang pohon. Beberapa pertanyaan yang dapat diajukan misalnya:
“Bagaimana pohon yang kamu lihat? Ceritakan!”
“Bagaimana perasaanmu ketika memanjat pohon?”
“Pernahkah kamu menanam pohon? Ceritakan pengalamanmu” -
Inti
1. Eksplorasi pohon
- Anak mengamati, meraba, mencium bagian pohon (akar, batang, dahan, ranting, daun, bunga, biji).
- Anak mengelompokkan bagian-bagian pohon sesuai bentuk dan warnanya.
- Anak membandingkan bagian-bagian pohon (menyebutkan persamaan dan perbedaan, membandingkan ukuran, bentuk dan tekstur).
- Anak mengurutkan ukuran bagian-bagian pohon.
- Jika memungkinkan, anak dapat bergiliran untuk memanjat pohon.
Ketika anak mengeksplorasi pohon, guru dapat bertanya untuk meningkatkan kemampuan berpikir mereka, misalnya :
“ Bagaimana perbedaan daun A dan daun B?”
“ Menurutmu, mana pohon yang lebih kuat ketika tertiup angin? Pohon yang rendah atau tinggi? Mengapa?”
2. Menggambar pohon
- Anak menggambar pengalaman ketika melihat pohon atau bermain di pohon.
- Anak mewarnai gambar.
- Anak menceritakan karya.
- Anak menulis/meniru tulisan cerita karya.
3. Alat dan Bahan
- Pohon di halaman sekolah
- Kertas
- Alat tulis
- Kaca pembesar
Penutup
- Recalling proses eksplorasi pohon.
- Refleksi perasaan ketika mengeksplorasi pohon.
Untuk mendapatkan file Modul Ajar Paud Kurikulum 2022 / Tema Aku Cinta Bumi, subtema Aku Cinta Bumi, topik pohon, Pembelajaran Berbasis Proyek yang sesuai dengan Kurikulum Paradigma Baru / Kurikulum Prototipe / Kurikulum Sekolah Penggerak / Kurikulum Merdeka silahkan download filenya di bawah ini.
Belum ada Komentar untuk "Modul Ajar TK/PAUD Kurikulum 2022 / Pembelajaran Berbasis Proyek Pohon"
Posting Komentar