RPP Moda Daring IPA Kelas IX SMP Revisi 2020 1 Lembar

https://rpprevisi2018.blogspot.com/
RPP Moda Daring IPA Kelas IX SMP Revisi 2020 1 Lembar


Selamat Bertemu kembali sahabat RPP revisi pada pertemuan sebelumnya kami sudah membagikan contoh RPP Selembar Matematika kelas IV SD/MI revisi 2020, Berhubung banyak sekali permintaan contoh RPP 1 lembar yang menggunakan model daring (Pembelajaran jarak jauh) maka pada kesempatan yang baik ini kami akan membagikan RPP Selembar Moda Daring Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alama (IPA) kelas IX SMP/MTS Revisi 2020

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MODEL DARING

Nama Sekolah : SMP N
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : IX / Ganjil
Alokasi Waktu : 3 x 40 menit
Pertemuan Ke : 1
Tahun Pelajaran : 2020 / 2021
Materi : Sistem Reproduksi Manusia

1. Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran jarak jauh (whatshapp group kelas) peserta didik diharapkan mampu Memahami arti pembelahan sel, Mendeskripsikan fase-fase pembelahan mitosis serta mampu Menyebutkan dan menjelaskan setiap fase pembelahan mitosis dengan penuh rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

2. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran:
a. Kegiatan Pendahuluan
  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran dalam aplikasi whatshapp group kelas dan memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin dalam.
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya di aplikasi whatshapp group kelas
  • Menyampaikan motivasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari Pembelahan sel, Pembelahan sel mitosis dan Fase Pembelahan sel mitosis.
  • Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai serta metode belajar yang akan ditempuh

b. Kegiatan inti (sintaks model pembelajaran)
Sintaks Aktivitas
Orientasi Peserta didik pada masalah (Kegiatan Literasi)
Peserta didik menyimak tayangan gambar atau video/audio di aplikasi whatshapp group kelas tentang Pembelahan sel, Pembelahan sel mitosis dan Fase Pembelahan sel mitosis

Mengorganisasi peserta didik (Critical Thinking (Berpikir Kritik)
Peserta didik mengidentifikasi peristiwa dalam gambar atau video/audio tersebut, sebanyak mungkin dimulai dari pertanyaan faktual sampai bersifat hipotetik yang berhubungan dengan Pembelahan sel, Pembelahan sel mitosis dan Fase Pembelahan sel mitosis

Membimbing penyelidikan individu/ kelompok (Collaboration)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok (whatsapp grup) untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi terkait materi Pembelahan sel, Pembelahan sel mitosis dan Fase Pembelahan sel mitosis

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya (Communication)
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok berupa gambar atau video/audio di aplikasi whatshapp group kelas tentang Pembelahan sel, Pembelahan sel mitosis dan Fase Pembelahan sel mitosis dan kelompok lain menganggapinya

Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah (Creativity)
Peserta didik menganalisa dan menyimpulkan masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran yang telah dilakukan melalui whatshapp group kelas tentang Pembelahan sel, Pembelahan sel mitosis dan Fase Pembelahan sel mitosis

c. Kegiatan penutup
• Peserta didik menyimpulkan dan merefleksi pembelajaran, sedangkan guru memberikan umpan balik dan tindak lanjut berupa penugasan secara individu.
• Peserta didik mengucapkan salam.

3. Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Sikap
Teknik penilaian : observasi
Bentuk instrumen : lembar observasi yang memuat aspek percaya diri, disiplin, kreatif serta kerja sama melalui google form yang dikirimkan melalui aplikasi whatshapp group kelas.

b. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Teknik penilaian : tertulis
Bentuk instrumen : Pilihan ganda / Esai

c. Penilaian Kompetensi Keterampilan
Teknik penilaian : kinerja
Bentuk Instrumen : Lembar penilaian presentasi, kemampuan bertanya dan menjawab, kemampuan memberikan masukan/saran

untuk mendapatkan contoh RPP Selembar Moda Daring Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alama (IPA) kelas IX SMP/MTS Revisi 2020 silahkan download filenya pada akhir artikel ini....

Jika para rekan guru berminat untuk memiliki perangkat pembelajaran lengkap IPA kelas 9 SMP/MTS + RPP selembarnya dengan model pembelajaran Daring atau pembelajaran jarak jauh silahkan klik DISINI atau bisa langsung menghubungi kami fi nomor Telp/WA: 0813-5050-4500

Belum ada Komentar untuk "RPP Moda Daring IPA Kelas IX SMP Revisi 2020 1 Lembar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel