Modul Ajar Fisika Kelas XI Kurikulum Merdeka

Modul Ajar Fisika Kelas XI Kurikulum Merdeka

Modul Ajar Fisika Kelas XI Kurikulum Merdeka untuk tahun pelajaran 2023 - 2024 sesuai dengan No. 033 H KR 2022 tentang Capaian Pembelajaran Revisi 2022.

Mata pelajaran Fisika termasuk dalam rumpun Ilmu Pengetahuan Alam. Tiga sisi Ilmu Pengetahuan Alam adalah sebagai kumpulan pengetahuan (konten), sebagai proses dan sebagai sikap. Dua elemen utama IPA yang dituangkan dalam Kurikulum Merdeka adalah IPA sebagai produk dan proses. Produk adalah pemahaman materi sedangkan proses adalah cara melakukan kegiatan ilmiah. Keterampilan proses tidak saja mendukung peserta didik dalam pembelajaran Fisika tetapi juga dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development) mengemukakan bahwa peserta didik hendaknya dapat menerapkan atas apa yang mereka ketahui yang berguna untuk diri sendiri maupun orang lain. Tentu saja pengembangan sikap dan karakter perlu peserta didik terusmenerus dikembangkan selama pembelajaran sehingga mencapai Proil Pelajar Pancasila. 

Materi Fisika di kelas XI adalah vektor, kinematika, dinamika, luida, gelombang, kalor dan termodinamika. Materi Fisika dikemas dengan menyajikan fenomena isis, kegiatan penyelidikan, perumusan matematis dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Capaian Pembelajaran mata pelajaran fisika kelas XI per Tahun adalah Peserta didik mampu menerapkan konsep dan prinsip vektor, kinematika dan dinamika gerak, luida, gejala gelombang bunyi dan gelombang cahaya dalam menyelesaikan masalah, serta menerapkan prinsip dan konsep kalor dan termodinamika, dengan berbagai perubahannya dalam mesin kalor.

Secara umum strategi pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran Fisika di kelas XI adalah menstimulus dan mengembangkan kemampuan berpikir dan bernalar serta terampil melakukan kinerja ilmiah. Pembelajaran diawali dengan suatu fenomena atau produk teknologi atau masalah/pertanyaan yang memancing rasa ingin tahu. Langkah-langkah pembelajaran menekankan keaktifan peserta didik dalam melakukan berbagai kegiatan, yang akan menjadi pengalaman belajar peserta didik, dengan tujuan mengembangkan kompetensi, pengetahuan dan karakter peserta didik. Aktivitas penyelidikan ilmiah, yang selalu ada dalam setiap bab, mengarahkan peserta didik untuk memahami konsep isika dan mengembangkan kemampuan berpikir saintiik. Materi pembelajaran selalu dikaitkan dengan dunia nyata sehingga peserta didik dapat melihat penerapan isika dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan teknologi berupa laboratorium virtual dan aplikasi selalu ada dalam setiap bab. Asemen formatif dilakukan secara berkala untuk memantau perkembangan belajar peserta didik.

Tujuan pembelajaran, melibatkan pengetahuan dan keterampilan proses, dirancang sedemikian rupa sehingga mudah diukur oleh guru. Guna mencapai tujuan pembelajaran maka peserta didik perlu mempunyai minat dan perhatian terhadap isika terlebih dahulu. Mereka perlu memahami bahwa belajar isika bukan hanya belajar tentang rumus isika. Peserta didik diajak untuk mengamati fenomena isis yang memang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari sehingga peserta didik selalu menghubungkan fenomena isis dengan rumus isika. Belajar isika juga mengacu pada cara isikawan bekerja yaitu dengan inkuiri. Praktik inquiry-based learning, secara singkat, adalah bertanya untuk mendapatkan informasi atau melakukan penyelidikan untuk mendapatkan informasi atau jawaban masalah. Metode ilmiah, sebagai salah satu bentuk inkuiri, harus terus menerus dikembangkan dalam pembelajaran sehingga menjadi cara belajar isika. Bertanya merupakan langkah awal dari inkuiri. Bertanya (questioning) merupakan strategi mengajar yang ampuh karena menstimulasi peserta didik untuk berpikir.

Pertanyaan yang tepat akan menuntun guru untuk mendapatkan informasi tentang pemahaman materi belajar berdasarkan jawaban peserta didik. Melakukan penyelidikan ilmiah tidak saja memerlukan pengetahuan tetapi juga keterampilan proses sebagaimana yang diuraikan dalam Capaian Pembelajaran. Asesmen diberikan dalam berbagai bentuk dengan mengusung konsep assessment for learning, assessment as learning assessment of learning.

Untuk mendapatkan Modul Ajar / Perangkat Ajar mata pelajaran Fisika Klas XI lengkap untuk 1 Tahun dua semester para rekan guru bisa memesannya DISINI atau bisa dengan menghubungi langsung nomor Telp/Wa : 081350504500

Sebagai bahan pertimbangan berikut ini kami lampirkan contoh Modul Ajar Fisika Kelas XI Bab 1 tentang Vektor.

Belum ada Komentar untuk "Modul Ajar Fisika Kelas XI Kurikulum Merdeka "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel