Modul Ajar B. Inggris Kelas 5 SD KurMer Revisi 2022 Lengkap

Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka Revisi 2022

Mata Pelajaran Bahasa Inggris pada kelas 5 SD pada Kurikulum merdeka terdiri dari 10 Bab yang harus tuntas dalam 1 tahun dua semester. Dan sebanyak itu pula para guru harus menyusun modul ajarnya. Untuk meringankan tugas bapak/ibu guru dalam menyusun modul ajar bahasa inggris kelas 5 SD berikut ini kami bagikan contohnya mudah-mudahan bisa menjadi referensi dalam menyusun modul ajar bab bab selanjutnya.

Perlu di ketahui juga bahwa mata pelajaran bahasa inggris mempunyai Karakteristik berbeda dengan mapel lainnya.
  1. Jenis teks yang diajarkan dalam bahasa Inggris umum beragam, misalnya narasi, deskripsi, eksposisi, prosedur, argumentasi, diskusi, teks khusus (pesan singkat, iklan), dan teks otentik. Beragam teks ini disajikan bukan hanya dalam bentuk teks tulisan saja, tetapi juga teks lisan (monolog atau dialog), teks visual, teks audio, dan teks multimodal (teks yang mengandung aspek verbal, visual dan audio), baik otentik maupun teks yang dibuat untuk tujuan pengajaran, baik tunggal maupun teks ganda, yang diproduksi dalam kertas maupun layar. Hal ini diupayakan untuk memfasilitasi peserta didik agar terampil menggunakan teknologi (literasi teknologi), sehingga dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam menavigasi informasi digital.
  2. Guru dapat menentukan jenis teks yang ingin diajarkan sesuai dengan kondisi di kelas. Pembelajaran dapat dimulai dari jenis teks yang memuat topik yang sudah dikenal oleh peserta didik untuk membantu mereka memahami isi teks yang dibacanya dan kemudian mampu menghasilkan teks jenis tersebut dalam bentuk lisan dan tulisan. Selanjutnya, guru dapat memperkenalkan peserta didik dengan jenis teks yang baru diketahui oleh peserta didik. Guru dapat membantu mereka membangun pemahaman terhadap jenis teks baru tersebut, sehingga peserta didik mampu menghasilkan karya dalam jenis teks tersebut, baik lisan maupun tulisan. Pemilihan jenis teks juga dapat disesuaikan dengan kondisi yang sering dialami oleh peserta didik baik di dalam konteks sekolah, maupun konteks di rumah agar peserta didik memiliki kesempatan untuk mempelajari dan mempraktikkan teks tersebut dalam kehidupan nyata. 
  3. Proses belajar berfokus pada peserta didik (learner-centred) (Tyler, 1949, 1990), yakni bahwa proses belajar harus difokuskan pada upaya mengubah perilaku peserta didik (yang asalnya dari tidak mampu menjadi mampu), dalam menggunakan bahasa Inggris pada enam keterampilan berbahasa dalam berbagai jenis teks. 
  4. Pembelajaran bahasa Inggris umum difokuskan pada kemampuan berbahasa peserta didik sesuai dengan tahapan perkembangan kemampuan berbahasa. Pembelajaran bahasa Inggris umum mencakup elemen keterampilan reseptif (menyimak, membaca, dan memirsa), serta keterampilan produktif (berbicara, menulis, dan mempresentasikan).
Bagi para rekan guru yang ingin memiliki perangkat ajar lengkap bahasa inggris kelas 5 SD yang sudah terususun rapi bisa di pesan dengan menghubungi nomor Telp/WA: 081350504500 atau klik DISINI


Belum ada Komentar untuk "Modul Ajar B. Inggris Kelas 5 SD KurMer Revisi 2022 Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel