RPP PAUD Merdeka Belajar Buku Cerita : Ketika Dama Melaut

contoh RPP Paud Merdeka Belajar
RPP PAUD Merdeka Belajar Buku Cerita : Ketika Dama Melaut merupakan contoh RPP PAUD termasuk kedalam Kurikulum Paradigma Baru / Kurikulum Prototipe / Kurikulum Sekolah Penggerak / Kurikulum 2022 / Kurikulum Merdeka.

Komponen dalam Modul Ajar PAUD merdeka belajar ini terdiri dari :
A. Informasi Umum
  1. Nama Guru : -
  2. Jenjang/kelas : TK/TKB
  3. Asal Sekolah : -
  4. Mata Pelajaran: -
  5. Alokasi waktu :1-5 pertemuan 120 menit
  6. Jumlah Siswa: 15 Anak
  7. Model Pembelajaran : Tatap Muka
  8. Fase : Fondasi
  9. Tujuan Kegiatan:
  • Anak menghargai lingkungan sebagai rasa syukur kepada Tuhan
  • Anak dapat mengetahui perbedaan tempat tinggal, kebiasaan dan lingkungan sekitar.
  • Anak dapat menggerakkan jari tangan dengan lentur.
  • Anak dapat melakukan observasi dan eksperimen dengan alat sederhana.
  • Anak dapat menggunakan angka dan huruf dalam berkegiatan.
  • Anak dapat bekerja sama dalam aktivitasnya.
10. Kata Kunci: Tempat tinggal, kebiasaan, laut, ikan.

11. Deskripsi Umum Kegiatan:
  • Pada kegiatan ini, anak diajak untuk mengenal tentang perbedaan tempat tinggal, kebiasaan dan lingkungan sekitar.
  • Anak mengenal tokoh Dama dan untuk pengembangan sosial emosi anak berimajinasi tinggal di laut dan menjadi anak suku Bajau
  • Kegiatan yang dilakukan meliputi kegiatan membaca buku cerita, menyelidiki keindahan laut, meneliti ikan, mencari tahu tentang alat penangkap ikan, mencari tahu tentang kendaraan di perairan laut, mencari tahu perbedaan Rumah Dama dan rumah anak-anak.
12. Alat dan Bahan :
  • Miniatur hiasan ikan yang dimasukan kedalam air warna biru atau ragam ikan asli.
  • Gambar-gambar tentang laut, ikan, dll
  • Potongan/mainan huruf dan angka (kerang, kancing, batu warna-warni)
  • Lego, gigo, balok dan mainan konstruktif lainnya.
  • Ranting, daun, dahan, bunga, botol plastik, manik-manik, air, dan batu kecil)
  • Ragam Alat menulis dan menggambar
  • Ragam karakteristik benda lain yang ada di lembaga atau rumah
13. Sarana Prasaran : Ruangan kelas

B. Komponen Inti
B.1 Membaca Buku Cerita
1. Identitas Buku :
  • Penulis
  • Ilustrator
  • Penerbit
2. Ringkasan Cerita :
 Dama ikut ayahnya mencari ikan di laut. Dama belajar cara menangkap ikan dengan jaring dan perangkap. Tiba-tiba ia melihat seekor ikan yang sangat besar mendekati perahu mereka. Apa yang akan Dama lakukan terhadap ikan itu setelah ikan mendekat?

3. Peta Konsep : -
Setelah cerita dalam buku dipahami dan ditemukan hal hal yang dapat dieksplorasi bersama siswa melalui cerita ini, maka dapat dilakukan curah ide kegiatan yang bisa dijadikan pilihan sebelum ditentukan kegiatan mana yang sekiranya paling memenuhi kebutuhan anak.

B.2 Curah Ide Kegiatan
Berisi jenis-jenis kegiatan yang bisa dikembangkan dari hasil bacaan atau tema yang dipilih.
1. Kegiatan awal untuk memantik ide atau imajinasi anak seperti:
  • Membaca buku cerita yang berkaitan dengan kehidupan di perairan laut (buku “Ketika Dama Melaut”)
  • Menonton film atau video tentang kehidupan di laut (film suku Bajau)
  • Berkunjung ke tempat penjualan ikan/toko ikan
2. Kegiatan Main
  • Menyelidiki keindahan laut
  • Meneliti ikan
  • Mencari tahu tentang alat penangkap Ikan
  • Mencari tahu kendaraan di perairan laut
  • Mencari tahu perbedaan Rumah Dama dan rumah anak-anak
  • Bermain Permainan Bise’-bise’ang
  • Menyusun pesan suku kata
  • Percobaan terapung tenggelam
  • Mengelompokkan ikan
  • Mencari tahu cara memelihara ikan di rumah
  • Membuat berbagai hidangan laut
B.3 Contoh Rencana Pembelajaran yang dibuat Terlampir

B.4 Langkah-langkah Memfasilitasi Pembelajaran
1. Tujuan Kegiatan
  • Anak menghargai lingkungan sebagai rasa syukur kepada Tuhan
  • Anak dapat mengetahui perbedaan tempat tinggal, kebiasaan dan lingkungan sekitar.
  • Anak dapat menggerakkan jari tangan dengan lentur.
  • Anak dapat melakukan observasi dan eksperimen dengan alat sederhana.
  • Anak dapat menggunakan angka dan huruf dalam berkegiatan.
  • Anak dapat bekerja sama dalam aktivitasnya.
2. Alat dan Bahan
  • Buku cerita ‘Ketika Dama Melaut’ atau buku cerita lain, termasuk buku cerita buatan guru.
  • Ikan asli, mainan miniatur ikan, miniatur rumah.
  • Mainan konstruktif seperti balok, lego atau mainan konstruktif lainnya.
  • Bahan-bahan pendukung lainnya : daun, ranting, batu, air, jaring kecil, tali, magnet, paper clip, bekas gulungan tisu, gunting, sarung, botol plastik, dus, boks besar, dan benda-benda lain
  • Alat tulis dan gambar : kertas warna, spidol besar, spidol kecil, pensil warna, dsb.
Alat bahan yang digunakan dapat dipilih untuk disesuaikan dengan kegiatan yang akan dilakukan bersama anak. Bahan-bahan tersebut bisa didapatkan dari lingkungan sekitar. Pastikan bahan-bahan tersebut aman untuk digunakan sesuai usia anak.

3. Langkah – langkah pembelajaran
1. Bermain Permainan Bise’-bise’ang
  •  Anak-anak berkumpul di luar kelas atau lapangan.
  • Guru menjelaskan permainan tradisional yang akan dimainkan dan menyediakan area bermain Bise’-bise’ang.
  • Pada permainan ini, anak akan bergerak di titik awal ke titik tertentu menggunakan sarung sebagai kendaraan.
  • Sarung yang digunakan dalam permainan ini menyimbolkan sebuah perahu yang digunakan seorang nelayan saat pergi berlayar mengarungi lautan.
  • Di awal, satu sarung dimainkan oleh satu orang anak.
  • Selanjutnya satu sarung dimainkan oleh dua orang anak yang duduk berhadap-hadapan dan saling bekerja sama menjalin kaki untuk menggerakkan perahu sarung.
  • “Permainan bise’-bise’ang ini menguji kekompakan anak dalam satu tim.
2. Pembukaan
  • Membacakan buku "Ketika Dama Melaut"
  • Mendiskusikan ide-ide kegiatan bersama anak
  • Mendiskusikan aturan, harapan dan rangkaian waktu main.
  • Transisi menuju ke kegiatan main.
D. Penutup
  • Membereskan mainan.
  • Menanyakan kegiatan main yang telah dilakukan oleh anak
  • Refleksi anak.
  • Menguatkan konsep yang telah dibangun anak selama bermain.
  • Memberikan pujian atas perilaku positif yang telah dilakukan anak
  • Berdoa, salam, berbaris pulang.
E. Refleksi Guru
Guru memikirkan pembelajaran yang telah dilakukannya dengan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut :
  1. Apa yang disukai anak-anak? Mengapa?
  2. Kegiatan bermain apa yang kurang diminati anak ? Mengapa?
  3. Kemampuan apa saja yang muncul pada anak?
  4. Alat atau bahan apa saja yang perlu saya tambahkan?
  5. Apakah proses pembelajaran membuat partisipasi yang tinggi pada anak anak ?
  6. Kegiatan apa yang bisa dilakukan sebagai kelanjutan dari kegiatan main hari ini ?
  7. Tantangan apa yang dialami guru dalam merencanakan pembelajaran hari ini ?
  8. Tantangan apa yang dialami guru untuk memfasilitasi pembelajaran hari ini ?
F. Assessmen
Guru melakukan observasi terhadap kegiatan bermain anak. Guru mendokumentasikan perilaku, celoteh, karya dan kemampuan yang muncul pada anak berupa pencatatan, pemotretan atau merekam video aktivitas anak.

Untuk mendapatkan secara utuh RPP PAUD Merdeka Belajar Buku Cerita : Ketika Dama Melaut silahkan download filenya di bawah ini.

Belum ada Komentar untuk "RPP PAUD Merdeka Belajar Buku Cerita : Ketika Dama Melaut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel