RPP Daring Front Office Satu Halaman Kompetensi Keahlian Perhotelan

https://rpprevisi2018.blogspot.com/
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MODA DARING

Nama Sekolah : SMK N/S
Mata Pelajaran : Front Office
Kelas/Semester : XII/Ganjil
Alokasi Waktu : 7x45 menit
Tahun Pelajaran : 2020/2021
Materi : Pembatalan Reservasi
Pertemuan Ke : 1


1. Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran jarak jauh (whatshapp group kelas atau zoom meeting) peserta didik diharapkan mampu, Menjelaskan Pengertian pembatalan reservasi, Menjelaskan alasan pembatalan reservasi, Memahami hal tindakan yang harus dilakukan dengan penuh rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.

2. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran:
a. Kegiatan Pendahuluan

  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran dalam aplikasi whatshapp group kelas atau zoom meeting dan memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin.
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya di aplikasi whatshapp group kelas atau zoom meeting
  • Menyampaikan motivasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari Pengertian Pembatalan Reservasi, Alasan Pembatalan Reservasi, Hal Tindakan yang Harus Dilakukan
  • Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai serta metode belajar yang akan ditempuh

b. Kegiatan inti (sintaks model pembelajaran)
1) Orientasi Peserta didik pada masalah (Kegiatan Literasi)
  • Peserta didik menyimak tayangan gambar atau video/audio di aplikasi whatshapp group kelas atau zoom meeting tentang Pengertian Pembatalan Reservasi, Alasan Pembatalan Reservasi, Hal Tindakan yang Harus Dilakukan

2) Mengorganisasi peserta didik (Critical Thinking (Berpikir Kritik)
  • Peserta didik mengidentifikasi peristiwa dalam gambar atau video/audio tersebut, sebanyak mungkin dimulai dari pertanyaan faktual sampai bersifat hipotetik yang berhubungan dengan Pengertian Pembatalan Reservasi, Alasan Pembatalan Reservasi, Hal Tindakan yang Harus Dilakukan

3) Membimbing penyelidikan individu/ kelompok (Collaboration)
  • Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok (whatshapp group kelas atau zoom meeting) untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi terkait materi Pengertian Pembatalan Reservasi, Alasan Pembatalan Reservasi, Hal Tindakan yang Harus Dilakukan

4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya (Communication)
  • Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok berupa gambar atau video/audio di aplikasi whatshapp group kelas atau zoom meeting tentang Pengertian Pembatalan Reservasi, Alasan Pembatalan Reservasi, Hal Tindakan yang Harus Dilakukan dan kelompok lain menganggapinya

5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah (Creativity)
  • Peserta didik menganalisa dan menyimpulkan masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran yang telah dilakukan melalui whatshapp group kelas/zoom meeting tentang Pengertian Pembatalan Reservasi, Alasan Pembatalan Reservasi, Hal Tindakan yang Harus Dilakukan

c. Kegiatan penutup
Peserta didik menyimpulkan dan merefleksi pembelajaran, sedangkan guru memberikan umpan balik dan tindak lanjut berupa penugasan secara individu.
Peserta didik mengucapkan salam.

3. Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Sikap
Teknik penilaian: observasi
Bentuk instrumen: lembar observasi yang memuat aspek percaya diri, disiplin, kreatif serta kerja sama melalui google form yang dikirimkan melalui aplikasi whatshapp group kelas atau zoom meeting.

b. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Teknik penilaian: tertulis
Bentuk instrumen: Pilihan ganda / Esai

c. Penilaian Kompetensi Keterampilan
Teknik penilaian: kinerja
Bentuk Instrumen: Lembar penilaian presentasi, kemampuan bertanya dan menjawab, kemampuan memberikan masukan/saran

………………, Januari 2020
Mengetahui,
Kepala SMK N/S                                                                                         Guru Mata Pelajaran


………………………………                                                                     ………………………………
NIP.                                                                                                              NIP. 

Jika para rekan guru berminat untuk mendapatkan RPP dan perangkat pembelajaran lengkapnya baik Daring ataupun Luring silahkan menghubungi nomor Telp/WA 0813-5050-4500 atau klik DISINI.

Belum ada Komentar untuk "RPP Daring Front Office Satu Halaman Kompetensi Keahlian Perhotelan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel