RPP 1 Lembar Sejarah SMK Kelas X Kurikulum 2013 Revisi 2020
RPP 1 Lembar Sejarah SMK Kelas X Kurikulum 2013 Revisi 2020 Berdasarkan SURAT EDARAN NOMOR 14 TAHUN 2019 TENTANG PENYEDERHANAAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid adapun penyederhanaannya meliputi sistematika dan komponen yang terdiri dari tiga komponen inti RPP yaitu Tujuan pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Sejarah
Nama Sekolah : SMK N
Kelas / Semester : X / Ganjil
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
Materi Pokok : Konsep Dasar Sejarah
Pertemuan Ke : 1
Melalui model pembelajaran dengan menggunakan Problem Based Learning, peserta didik mampu : menjelaskan pengertian cara berpiki (Kronologis, Diakronik, Sinkronik) dalam mempelajari sejarah dengan penuh rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
2. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran:
a. Kegiatan Pendahuluan
Sintaks Aktivitas
Orientasi Peserta didik pada masalah
1. Peserta didik, dengan bimbingan guru, membuat kesimpulan.
2. Guru melakukan refleksi hasil proses belajar yang telah dilaksanakan..
3. Guru memberikan apresiasi kepada seluruh peserta didik yang telah bekerjasama dengan baik dalam kelompok.
4. Guru memberikan evaluasi untuk mengukur ketuntasan PBM.
5. Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada pertemuan berikutnya.
3. Penilaian
Terlampir
a. Sikap : Jurnal dan lembar observasi
b. Keterampilan : Lisan
c. Pengetahuan : Tes Tulis
*Catatan : Komponen lainnya sebagai pelengkap.
Jika para rekan guru berminat untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkap Sejarah SMK dan RPP 1 Lembar Sejarah SMK Kelas X Kurikulum 2013 Revisi 2020 silahkan klik DISINI atau bisa juga menghubungi langsung ke nomor kami WA/TELP : 0813-8033-2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Sejarah
Nama Sekolah : SMK N
Kelas / Semester : X / Ganjil
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
Materi Pokok : Konsep Dasar Sejarah
Pertemuan Ke : 1
Download juga: RPP 1 Lembar Matematika SMK Kelas X, XI dan XII1. Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran dengan menggunakan Problem Based Learning, peserta didik mampu : menjelaskan pengertian cara berpiki (Kronologis, Diakronik, Sinkronik) dalam mempelajari sejarah dengan penuh rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
2. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran:
a. Kegiatan Pendahuluan
- Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
- Guru memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari
- Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
- Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
- Guru menyampaikan karakter dan penilaian yang akan dilaksanakan
Download juga: RPP 1 Lembar Komputer dan Jaringan Dasar SMK Kelas Xb. Kegiatan inti (sintaks model pembelajaran)
Sintaks Aktivitas
Orientasi Peserta didik pada masalah
- Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi yang akan di pelajari dengan cara Mengamati lembar kerja, Foto/Video, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan Konsep berpikir diakronis dan sinkronis dalam Mempelajari sejarah
- Guru memfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah yang disajikan yaitu mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang mereka perlu ketahui, dan apa yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah terkait materi Konsep berpikir diakronis dan sinkronis dalam Mempelajari sejarah
- Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan Diskusi dan saling tukar informasi terkait Konsep berpikir diakronis dan sinkronis dalam Mempelajari sejarah
Download juga: RPP 1 Lembar PAI & BP SMK Kelas X, XI dan XIIMengembangkan dan menyajikan hasil karya
- Menyampaikan dan Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang Konsep berpikir diakronis dan sinkronis dalam Mempelajari sejarah
- Peserta didik menganalisa dan menyimpulkan masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran yang telah dilakukan tentang Konsep berpikir diakronis dan sinkronis dalam Mempelajari sejarah
1. Peserta didik, dengan bimbingan guru, membuat kesimpulan.
2. Guru melakukan refleksi hasil proses belajar yang telah dilaksanakan..
3. Guru memberikan apresiasi kepada seluruh peserta didik yang telah bekerjasama dengan baik dalam kelompok.
4. Guru memberikan evaluasi untuk mengukur ketuntasan PBM.
5. Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada pertemuan berikutnya.
3. Penilaian
Terlampir
a. Sikap : Jurnal dan lembar observasi
b. Keterampilan : Lisan
c. Pengetahuan : Tes Tulis
*Catatan : Komponen lainnya sebagai pelengkap.
Download juga: RPP 1 Lembar Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK Kelas X, XI dan XIIUntuk mendapatkan contoh RPP 1 Halaman Sejarah Kelas X SMK silahkan download filenya yang sudah kami kemas dalam bentuk pdf pada akhir artikel ini.
Jika para rekan guru berminat untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkap Sejarah SMK dan RPP 1 Lembar Sejarah SMK Kelas X Kurikulum 2013 Revisi 2020 silahkan klik DISINI atau bisa juga menghubungi langsung ke nomor kami WA/TELP : 0813-8033-2017
Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Sejarah SMK Kelas X Kurikulum 2013 Revisi 2020"
Posting Komentar