RPP 1 Lembar Matematika SMP Kelas 7, 8 dan 9
RPP 1 Lembar Matematika SMP Kelas 7, 8 dan 9 |
Sesuai dengan SURAT EDARAN NOMOR 14 TAHUN 2019 TENTANG PENYEDERHANAAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) berikut ini kami sajikan contoh RPP 1 Lembar Matematika Kelas 7, 8 dan 9 SMP yang terdiri dari tiga komponen inti RPP yaitu Tujuan pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMPN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : IX / Ganjil
Materi Pokok : Perpangkatan dan Bentuk Akar
Alokasi Waktu : 240 Menit
1. Tujuan Pembelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMPN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : IX / Ganjil
Materi Pokok : Perpangkatan dan Bentuk Akar
Alokasi Waktu : 240 Menit
1. Tujuan Pembelajaran
- Menuliskan perkalian bilangan dalam bentuk perpangkatan.
- Menentukan hasil perpangkatan suatu bilangan.
- Menyederhanakan bentuk akar
- Mengidentifikasi sifat perkalian pada perpangkatan
- Menulis notasi ilmiah menjadi bentuk biasa dan notasi ilmiah dari suatu bilangan
- Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penerapan konsep bilangan berpangkat, konsep perkalian pada perpangkatan, konsep pembagian pada perpangkatan dan penerapan konsep bentuk akar
2. Kegiatan Pembelajaran
Berapakah hasil operasi perpangkatan 4925 – 2465 ?
……….. Januari 2020
Mangetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran/Kelas
...................................... .........................................
NIP NIP
*Catatan : Komponen lainnya sebagai pelengkap.
- Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah pernah di dapatkan terkait dengan materi yang akan di pelajari
- Memotivasi peserta didik dengan cara menginformasikan kepada peserta didik pentingnya materi Perpangkatan dan Bentuk Akar yang akan dipelajari dalam kegiatan sehari-hari
- Peserta didik diminta untuk mengamati lembar kerja, gambar / video pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan Perpangkatan dan Bentuk Akar
- Peserta didik diberikan beberapa pertanyaan mengenai Perpangkatan dan Bentuk Akar untuk ditemukan pemecahannya
- peserta didik diminta untuk bekerja secara kelompok untuk menemukan pemecahan masalah terhadap permasalahan yang telah diberikan baik melalui sumber internal maupun sumber eksternal (Menanya, Mengeksplorasi dan Mengasosiasi)
- Peserta didik diminta untuk bekerja dalam kelompok dan menghargai usaha setiap anggota kelompok Mengeksplorasi dan Mengasosiasi)
- Peserta didik bertukar buku/bahan referensi dalam menyelesaikan kegiatan kelompoknya (Mengomunikasikan)
- Menuliskan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuat sebelumnya berdasasrkan hasil kerja kelompok (Mengasosiasi dan Mengomunikasikan)
- Peserta didik yang telah ditunjuk oleh kelompoknya sebagai juru bicara menyampaikan hasil kerja kelompoknya (Mengomunikasikan)
- Peserta didik lainnya mendengarkan dan memberikan tanggapan (Mengamati dan Menanya)
- Peserta didik melakukan analisis atas hasil kerja kelompoknya dengan informasi yang ditayangkan oleh guru (Mengasosiasi)
- Peserta didik diberikan pertanyaan sehubungan dengan hal-hal yang masih perlu diklarifikasi ulang (Mengomunikasikan)
Berapakah hasil operasi perpangkatan 4925 – 2465 ?
……….. Januari 2020
Mangetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran/Kelas
...................................... .........................................
NIP NIP
*Catatan : Komponen lainnya sebagai pelengkap.
Untuk mendapatkan contoh RPP 1 Lembar Matematika SMP Kelas 7, 8 dan 9 silahkan download filenya di bawah ini.
terima kasih cth RPPx mhn yang btuk word utk bisa edit atau penambahan lain trims
BalasHapus